SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Andik Vermansah

KUALA LUMPUR—Tak ada yang bisa meragukan nama Andik Vermansah sebagai ‘Man of The Match’ dalam duel Indonesia kontra Singapura di Stadion Bukit Jalil, Kuala Lumpur, Rabu (28/11/2012). Tak hanya menjadi penentu kemenangan Indonesia melalui gol cantik, berkat ulah Andik, kekuatan Singapura pun melemah setelah dipaksa bermain dengan 10 pemain.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Berbeda dengan laga pembuka Indonesia kala ditahan 2-2 Laos, Minggu (25/11/2012) lalu, di mana Andik diturunkan sebagai starter. Menghadapi Singapura, penyerang asal Persebaya ini justru dimainkan sebagai cadangan.

Ekspedisi Mudik 2024

Tanpa kehadiran Andik, Indonesia terlihat timpang dalam alur serangan. Namun, setelah dimasukkan di babak kedua menggantikan kapten Elie Aboy, permainan Indonesia mulai berubah.
Meski belum mampu menghentikan determinasi Singapura, kehadiran Andik setidaknya mampu membuat alur serangan Indonesia sedikit variatif. Terbukti barisan pertahanan Singapura harus berjibaku untuk membendung laju Andik.

Hal ini pulalah yang membuat bek sayap The Lions, julukan Singapura, Mohammad Irwan Shah, harus mengambil tindakan tegas dengan melanggar Andik. Dia pun dijatuhi hukuman kartu kuning kedua di menit ke-65 yang membuatnya diusir keluar lapangan.

Unggul jumlah pemain Indonesia lebih berani menekan. Klimaksnya tercipta saat Indonesia mampu menciptakan gol melalui kaki Andik.

Tendangan bebasnya pada menit ke-87 dari luar kotak penalti tak mampu dihalau kiper Mohamad Izwan Mahbud. Indonesia pun unggul 1-0 hingga laga usai.

Kemenangan Indonesia atas Singapura ini  menjadi yang pertama kali di ajang AFF. Pemecahan rekor tak pernah menang dari Singapura ini seakan juga menjadi obat pelipur lara setelah untuk kali pertama Indonesia gagal menang dari Laos. Indonesia hanya bermain seri 2-2 dengan Laos di laga pembuka, Minggu (25/11/2012) lalu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya