Tampil Beda dengan Brewok, Ini Alasan Bupati Jekek
Bupati Wonogiri, Joko Sutopo (Jekek) saat berbincang dengan wartawan di teras Rumah Dinas Bupati Wonogiri, Rabu (12/8/2020). (Solopos/M. Aris Munandar)

Solopos.com,WONOGIRI — Penampilan Bupati Wonogiri, Joko Sutopo, pada akhir-akhir ini menyita perhatian masyarakat Wonogiri. Pria yang akrab disapa Jekek itu kini tampil dengan brewok.

Penampilan baru dengan brewok itu memang beda dari biasanya bagi Jekek. Pasalnya, dia kerap tampil klimis tanpa brewok baik jenggot maupun kumis. Namun kini, kumis, jenggot dan jambangnya pun terlihat.

Satu Tersangka Pelaku Kerusuhan Mertodranan Pasar Kliwon Solo Nangis Saat Konferensi Pers

Ketika dimintai tanggapan soal perubahan penampilan tersebut oleh Solopos.com, Jekek mengaku itu sebagai bentuk keprihatinannya atas kondisi lonjakan kasus Covid-19 yang menimpa Wonogiri akhir-akhir ini.

“Kalau ditanya warga kok sekarang brewok saya jawab bahwa sedang prihtain karena Covid-19 di Wonogiri sedang melonjak,” kata dia kepada Solopos.com di teras Rumah Dinas Bupati Wonogiri, Rabu (12/8/2020).

Menurut dia, penampilan brewok tersebut sebagi simbol pengingat warganya bahwa pandemi ini masih berlangsung. Warga diimbau untuk lebih hati-hati dan patuh terhadap protokol kesehatan.

“Pada dua bulan lalu Wonogiri dinyatakan zona hijau. Kemudian ada klaster Sempon dan Nakes, Wonogiri menjadi zona kuning. Maka ini sebagai sombol pengingat saja, agar lebih hati-hati. Ini keinginan spontan saja, tidak ada tujuan khusus,” ungkap dia.

Belum Berencana Cukur

Biasanya, Jekek kerap mencuku brewok. Apalagi, dalam waktu dua hingga tiga hari brewoknya sudah nampak atau terlihat panjang. Kali ini, dia belum berencana kapan akan memotong brewoknya. “Nunggu suasana hati enaknya kapan dipotong,” katanya dengan tertawa.

Perubahan penampilan tersebut, lanjut dia, murni keinginan pribadi. Bukan perintah siapapun dan juga bukan terobesesi idola atau tokoh yang penampilannya brewok.

Kapolda Jateng Soal Kerusuhan Di Mertodranan Solo: Tak Ada Ruang Untuk Kelompok Intoleran!

Menanggapi penampilannya yang saat ini brewok, menurut dia, istrinya dan anaknya melarang. Mereka ingin brewoknya dicukur. “Saya bilang ke mereka ‘Saya nikmati dululah,”‘ kata Jekek.

Ia mengaku bahwa dalam keluarganya dibiasakan untuk saling berkomunikasi dan terbuka. Anak semata wayangnya sering kali mengkritik Jekek ketika penampilannya tidak sesuai fashion.



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya


Kolom