SOLOPOS.COM - penambangan pasir besi

Harianjogja.com, MOJOKERTOWarga Desa Karangwuni, Kulonprogo mendapatkan sambutan meriah dari pemerintah Desa Lolawang, Kecamatan Ngoro, Kabupaten Mojokerto saat singgah di balaidesa setempat, Rabu (27/11/2013). Pada kesempatan itu, Pemdes Lolawang memberikan motivasi dan sambutan hangat.

Kepala Desa Lolawang, Muhammad Toha membagi motivasinya kepada warga Karangwuni.Dia berbagi pengalaman adanya kawasan industri di wilayahnya pada 1980-an silam.

Promosi Berteman dengan Merapi yang Tak Pernah Berhenti Bergemuruh

“Jangan khawatir dengan adanya rencana industrialisasi. Justru banyak aspek secara ekonomi yang bisa digali dari industri itu,” ujarnya memberikan motivasi kepada warga Karangwuni, Rabu (27/11/2013).

Dia memberikan gambaran fisik mengenai kondisi daerahnya. Menurut dia, industri menjadi lahan bagi Pemdes untuk mengembangkan pembangunan wilayah. Pasalnya, perusahaan-perusahaan yang pasti menyuplai dana untuk kebutuhan pembangunan. “Tapi untuk mengarah ke situ harus ditentukan sejak awal antara Pemdes dengan perusahaan. Harus ada komitmen yang kuat,” tandasnya.

Adanya industri, lanjut dia, juga mampu menyelesaikan persoalan pengangguran di wilayahnya. Pasalnya Pemdes memberikan syarat agar penyerapan tenaga kerja harus mengutamakan potensi lokal dulu. “Jadi saya harap masyarakat Karangwuni yang sedang studi banding ke sini jangan takut dengan istilah industri,” paparnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya