Tutup Iklan

Tambang Galian C Dikeluhkan Warga Desa Tegalmulyo Klaten

Keluhan itu sudah disampaikan ke pemerintah desa dan ditindaklanjuti bersama BPD setempat yang bersurat ke pengelola pertambangan.

 ilustrasi penambangan galian C (Dok/JIBI/Solopos)

SOLOPOS.COM - ilustrasi penambangan galian C (Dok/JIBI/Solopos)

Solopos.com, KLATEN – Aktivitas salah satu penambangan galian C di wilayah Desa Tegalmulyo, Kecamatan Kemalang, Klaten, dikeluhkan warga. Atas keluhan itu, pemerintah desa setempat bersama Badan Permusyawaratan Desa (BPD) melayangkan surat peringatan kepada pengelola kegiatan pertambangan tersebut.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, aktivitas salah satu pertambangan itu sudah bergulir sekitar satu hingga dua pekan terakhir dan berlokasi di lahan warga wilayah Dukuh Jamuran. Ada satu ekskavator yang beroperasi di lokasi tersebut.

Truk pengangkut material galian C belakangan mulai hilir-mudik melintasi jalan desa. “Warga yang daerah atas di beberapa dukuh seperti Grintingan, Pajegan, dan Canguk menolak adanya itu karena mengganggu akses warga,” kata salah satu warga Tegalmulyo, Priyono, Kamis (21/10/2021).

Baca Juga: Baru Dibeli, Seekor Sapi di Boyolali Tewas Tercebur Sumur

Priyono mengatakan keluhan itu sudah disampaikan ke pemerintah desa dan ditindaklanjuti bersama BPD setempat yang bersurat ke pengelola pertambangan. Dia berharap aktivitas pertambangan tersebut bisa segera dihentikan.

Kepala Desa Tegalmulyo, Sutarno, membenarkan sudah memberikan surat peringatan kepada pengelola pertambangan galian C tersebut. Surat itu disampaikan desa menindaklanjuti keluhan warga.

Beberapa keluhan yakni warga tak bebas sejak ada aktivitas truk galian C yang hilir-mudik di kampung mereka melintasi jalan kampung yang juga menjadi jalur evakuasi serta wisata. Lokasi pertambangan juga berada di kawasan rawan bencana erupsi Gunung Merapi.

Baca Juga: Anak di Bawah 12 Tahun Boleh Berwisata, Wisatawan Naik Dua Kali Lipat

Selain itu, lokasi pertambangan berdekatan dengan masjid. Alasan lain yakni lokasi pertambangan berdekatan dengan sumber air Kali Jeroomah yang dimanfaatkan warga di beberapa kampung seperti Dukuh Ngringin dan Girpasang.

“Sepertinya sudah off [berhenti beroperasi] mulai hari ini. Tetapi untuk alat berat masih ada di lokasi,” tutur dia.

Soal perizinan, Sutarno mengatakan tak mengetahui lantaran bukan kewenangan pemerintah desa mengeluarkan izin. “Tentu saja kami juga tidak berani memberikan izin karena bukan kapasitas kami,” kata dia.

 


Berita Terkait

Berita Terkini

Festival Payung di Balekambang Solo, Cantik Sekaligus Sarat Makna

Setelah sempat pindah lokasi beberapa kali, festival payung Indonesia (Fespin) kembali digelar di Solo akhir pekan ini.

Angka Covid-19 di Karanganyar Sempat Naik, Prokes Jangan Lengah Lur!

Warga diimbau tidak lengah dalam menjalankan protokol kesehatan (prokes) menyusul adanya kenaikan kasus aktif positif Covid-19 di Karanganyar dalam beberapa hari terakhir.

Hilang, Sepeda Motor Warga Sukoharjo Dijual Si Pencuri di Facebook

Sepeda motor milik Supriyanto, 54, warga Perumahan Pondok Baru Permai, Gentan, Kecamanatan Baki, Sukoharjo digondol maling pada Jumat (3/12/2021).

Alami Kecelakaan Tunggal di Gemolong Sragen, Warga Plupuh Meninggal

Satu orang meninggal dunia dalam kecelakaan tunggal di jalan Solo-Purwodadi, tepatnya di Dukuh Grogol, Desa Kragilan, Kecamatan Gemolong, Sragen, Minggu (5/12/2021).

Baru Belajar Nyetir, Mobil Nyemplung Got di Depan SMPN 6 Sragen

Kecelakaan tunggal terjadi di Depan SMP N 6 Sragen di mana satu unit mobil terperosok ke got akibat sopirnya baru belajar menyetir.

Tim Ekspedisi Ekonomi Digital 2021, Santap Kakap Laut, Rasanya Mantul

Setelah mengeksplorasi ekonomi digital di Salatiga dan Kabupaten semarang, Tim Ekspedisi Ekonomi Digital 2021 mulai memburu kuliner di Kota Semarang, Sabtu (4/12/2021) malam.

Razia Motor Brong di Karanganyar, 26 Orang Ditilang

Sebanyak 26 orang pengendara motor brong di di Jembatan Kragan, perbatasan wilayah Kecamatan Gondangrejo dengan Kebakkramat, Sabtu (04/12/2021) ditilang.

Milad Ke-109, RS PKU Muhammadiyah Solo Mantapkan 8 Nilai Pelayanan

Puncak perayaan milad Rumah Sakit (RS) PKU Muhammadiyah Solo diperingati dengan pengajian bersama Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Haedar Nashir secara hybrid.

Asale Sapuangin dan Kisah Sepasang Pengantin di Kemalang, Klaten

Sapuangin menjadi salah satu nama yang terkenal di wilayah lereng Gunung Merapi Desa Tegalmulyo, Kecamatan Kemalang, Klaten.

Dari Hikmah Pandemi Menuju Keharusan Transformasi

Kondisi pandemi telah memberikan pelajaran pentingnya melengkapi diri dengan layanan digital.

Kisah Serka Suyanta, Setiap Hari Bagi-Bagi Masker Gratis di Sukoharjo

Penggunaan masker menjadi salah satu protokol kesehatan pencegahan Covid-19. Kampanye memakai masker terus digaungkan mengingat pandemi Covid-19 belum berakhir.

Jelang Momen Nataru, Bupati Sragen: Jangan Abai Prokes!

Bupati Sragen, Kusdinar Untung Yuni Sukowati, mengingatkan warga untuk senantiasa menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

Tim Ekspedisi Digital Ekonomi 2021 Memotret Pertanian di Kopeng

Tim Ekspedisi Ekonomi Digital 2021 Solopos Media Group memotret digitalisasi pemasaran sektor pertanian di Kecamatan Getasan di kawasan Kopeng, Kabupaten Semarang.

Ekspedisi Digital Ekonomi 2021, Perjalanan Tim ke Salatiga

Tim Ekspedisi Ekonomi Digital 2021 Solopos Media Group mulai memotret ekspansi layanan digital yang berimplikasi pada pertumbuhan ekonomi daerah

BI Solo Dorong Sosialisasi Digitalisasi Harus Jalan Terus

Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) Solo mengapresiasi Ekspedisi Ekonomi Digital 2021 yang digagas Solopos Media Group.

Kecelakaan di Kebakkramat Karanganyar: Truk Masuk Parit, Mobil Terbalik

Dua buah kendaraan keluar jalur setelah bersenggolan di Jalan Solo-Sragen, tepatnya di depan PT Manunggal Adipura, Pulosari, Kebakkramat, Karanganyar, Sabtu (14/12/2021).