SOLOPOS.COM - Ilustrasi aktivitas tambang. (Freepik.com)

Solopos.com, GROBOGAN — Peristiwa nahas menimpa dua pekerja tambang galian C di Desa Terkesi, Kecamatan Klambu, Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah (Jateng). Dua pekerja bernama Sunawar, 43, dan Sunawar, 48, keduanya warga Desa Terkesi, meninggal dunia akibat tertimpa material longsor pada tambang galian C itu, Rabu (7/6/2023) pukul 10.00 WIB.

Kapolsek Klambu, AKP Maarif, meminta aktivitas tambang galian C di Desa Terkesi, itu pun untuk segera dihentikan menyusul insiden yang menimpa dua pekerja itu.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Sebaiknya aktivitas penggalian di Desa Terkesi dihentikan karena ada korban meninggal,” kata Kapolsek Klambu, Rabu.

Ekspedisi Mudik 2024

Kasus meninggalnya dua pekerja galian C di Desa Terkesi itu saat ini pun telah ditangani Polres Grobogan. Hal itu menyusul adanya kemungkinan aktivitas pertambangan itu tidak berizin atau ilegal.

Dalam penggaliannya, imbuh dia, tentunya harus mengutamakan keselamatan pekerja sehingga dalam pelaksanaannya tidak seperti sekarang secara manual.

Sementara itu, Kepala Desa Terkesi, Mubirul Hakim, membenarkan ada dua warganya yang bekerja sebagai pekerja galian C meninggal akibat tertimpa material longsor.

Berdasarkan informasi yang diperoleh, peristiwa nahas tersebut terjadi ketika sedang proses pengangkutan batu ke truk yang kebetulan berada di bawah tebing. Tiba-tiba, tebing tersebut longsor dan menimpa kedua korban.

Dalam proses evakuasi korban meninggal, kata dia, membutuhkan waktu hingga satu jam lebih karena hanya menggunakan alat manual.

Atas peristiwa tersebut, Pemerintah Desa Terkesi meminta aktivitas tambang dilakukan lebih berhati-hati dengan mengutamakan keselamatan para pekerja. Sedangkan tempat galian C di Desa Terkesi diperkirakan ada lima lokasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya