SOLOPOS.COM - SELTER MANAHAN--Selter PKL di sisi Utara Stadion Manahan, Solo telah selesai dibangun dan diresmikan penggunaannya. (Burhan Aris Nugraha/JIBI/SOLOPOS)

SELTER MANAHAN--Selter PKL di sisi Utara Stadion Manahan, Solo telah selesai dibangun dan diresmikan penggunaannya. (Burhan Aris Nugraha/JIBI/SOLOPOS)

SOLO–Pemkot Solo bakal menambah 41 selter baru untuk pedagang kaki lima (PKL) di kawasan Stadion Manahan Solo. Pembangunan selter yang dibiayai dari APBD 2012 senilai kurang lebih Rp390 juta itu siap dimulai, Selasa (26/6) besok.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kepala Dinas Pengelolaan Pasar (DPP) Solo, Subagiyo menjelaskan selter itu dibangun untuk mengakomodasi PKL Manahan yang selama ini berjualan di sisi utara-timur stadion. Para PKL itu sebelumnya tidak kebagian tempat saat pembuatan selter bantuan dari corporate social responsibility (CSR) produsen minuman teh Sosro di sebelah barat lokasi jualan mereka.

“Pendataan kami di sana masih ada 46 PKL. Tapi kami hanya membangun 41 selter. Sisanya, akan kami tempatkan di selter di sebelah barat mereka yang tidak ditempati. Ada sekitar 12 selter yang kami lihat tidak ditempati,” jelas Subagiyo, saat diwawancarai wartawan di Balaikota Solo, Senin (25/6/2012).

Subagiyo menegaskan, sesuai aturan, PKL yang tidak menempati selter yang menjadi jatahnya bisa dicabut hak penempatannya. Pembangunan selter itu dipastikan merupakan yang terakhir karena semua PKL di kawasan itu sudah mendapat akomodasi. Berbeda dengan selter sebelumnya biaya pembangunannya dibantu CSR, pembangunan selter kali ini murni dibiayai APBD senilai Rp390 juta.

Pembangunan selter itu selesai sebelum Lebaran, Agustus mendatang. Sementara selter dibangun, pedagang akan menempati selter-selter yang kosong di utara maupun barat stadion.

Kabid Pengelolaan PKL DPP, Dwi Wuryanto mengatakan Senin merupakan batas akhir bagi PKL di pojok utara-timur Stadion Manahan untuk membongkar lapak mereka.  “Saya sudah melihat di lokasi dan semua sudah membongkar lapak. Besok pembangunan selter dimulai,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya