Tambah Kapasitas Energi Panas Bumi, PT Geo Dipa Gali 5 Sumur Baru

PT Geo Dipa akan mengebor lima sumur baru di Wilayah Kerja Dieng Unit II. Satu sumur sudah diujicobakan.

 Kondisi Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) Dieng Small Scale 10 MW milik PT Geo Dipa Energi di Banjarnegara, Jateng, Kamis (23/6/2022). (Solopos.com/Wahyu Prakoso)

SOLOPOS.COM - Kondisi Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) Dieng Small Scale 10 MW milik PT Geo Dipa Energi di Banjarnegara, Jateng, Kamis (23/6/2022). (Solopos.com/Wahyu Prakoso)

Solopos.com, BANJARNEGARA — PT Geo Dipa Energi bakal mengebor lima sumur baru untuk pembangkit listrik tenaga panas bumi (PLTP) yang ditargetkan beroperasi 2023. Lima sumur itu berada di Wilayah Kerja Dieng Unit II, Banjarnegara, Jawa Tengah.

Geo Dipa sudah melakukan uji sumur (well test) di salah satu dari lima sumur baru itu pada Selasa (21/6/2022).

PromosiRekomendasi Merek Jeans Terbaik Pria & Wanita, Murah Banget!

Human Capital & Finance Unit Dieng I PT Geo Dipa Energi, Agus Supriyanto, menjelaskan well test satu sumur berlangsung lancar dan aman. Tahapan itu dilakukan sekali pada satu sumur sebelum beroperasi.

Well test untuk mengetahui kapasitas gas, suhu, kandungan, dan karakteristik sumur. Kami memasukkan alat ukur. Data yang diperoleh untuk menentukan desain turbin untuk pembangkit listrik,” kata pria yang lebih akrab disapa Nonot itu saat ditemui tim Ekspedisi Energi 2022 Solopos Media Group (SMG), Kamis (23/6/2022).

Baca Juga: Jika Pakai CNG, Hotel Bisa Menghemat 60% Biaya Operasional

Sebagai informasi, Ekspedisi Energi 2022 digelar SMG selama empat hari mulai Senin (20/6/2022). Ekspedisi ini memotret pemanfaatan energi baru terbarukan dan inovasi energi untuk pemulihan ekonomi nasional.

Ekspedisi Energi 2022 ini didukung PT Adaro Energy Indonesia Tbk, SUN Energy, PT SHA Solo, Pertamina Patra Niaga, PT Geo Dipa Energi, Hyundai, PT Pertamina EP Asset 4 Poleng Field, PT Pertamina Hulu Energi West Madura Offshore (PHE WMO), Pembangkitan Jawa Bali (PJB), SKK Migas Jabanusa, dan Dinas ESDM Jawa Tengah.

Menurut Agus, tahapan uji sumur merupakan tahapan paling riskan. Ia menceritakan pernah ada korban jiwa saat perusahaan lain melakukan well test, namun tidak di Geo Dipa.

Baca Juga: Investor Jajaki Bangun PLTS Terapung WKO & WGM, Potensinya Besar Lur

Dia mengatakan saat dilakukan pengujian sumur yang keluar pertama adalah non condensable gas. Gas ini mengumpul pada ujung uap dan bisa fatal jika terkena orang sehingga perlu kehati-hatian dalam mengatur pembukaan sumurnya.

“Nah kami mereaksikan dengan senyawa lain supaya terurai, namun harus ekstra hati-hati. Kami melibatkan ahli, Polri/TNI, BNPB [Badan Nasional Penanggulangan Bencana] dua hari untuk jaga-jaga. Secara teknis sudah diantisipasi, semua pelayanan dan keamanan untuk berjaga,” kata dia.

Tiga Menit Krusial

Agus mengungkapkan tahapan paling riskan hanya berlangsung dua sampai tiga jam pertama. Setelah itu pengambilan data. Proses selanjutnya membangun jaringan pipa dan membangun pembangkit listrik melalui data-data yang telah diperoleh.

Baca Juga: KIT Batang Fase I Sold Out, Pabrik-Pabrik Mulai Beroperasi 2024

Geo Dipa bakal membangun lima sumur pada Dieng Unit II dengan kapasitas 55 megawatt bakal beroperasi 2023 bersamaan dengan operasional Patuha unit dua 55 Megawatt.

Menurut dia, potensi energi PLTP kawasan Dieng ada sekitar 450 Megawatt. PLTP berbeda dengan gas. PLTP memakai energi panas bumi berupa uap air untuk memutar turbin yang menghasilkan listrik.

Adapun potensi panas bumi secara nasional, yakni 40% sumber panas bumi dunia ada di Indonesia. Pasokan listrik Indonesia berperan besar dalam pencapaian target net zero emission. Pembangunan ekonomi yang berkelanjutan sangat penting dalam mencapai ketahanan dan kemandirian energi nasional.

Baca Juga: Kondisi Membaik, Penjualan Energi Listrik PJB Tahun Lalu Meningkat

“Panas bumi enggak akan habis makanya di dalam dunia energi dimasukkan pada kelompok energi terbarukan,” ungkapnya.

Listrik dari Geo Dipa disalurkan ke gardu induk Wonosobo kemudian masuk gardu induk Ungaran sebelum ke jaringan PLN Jawa Bali. Distribusi dan transmisi listrik dilakukan PLN.

Ekspedisi Energi 2022

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Espos Plus

      Temuan Manik-Manik Bekal Kubur Kuno di Perengan Tawangsari Sukoharjo

      + PLUS Temuan Manik-Manik Bekal Kubur Kuno di Perengan Tawangsari Sukoharjo

      Di Kecamatan Tawangsari, Sukoharjo tepatnya di Situs Perengan, terdapat temuan peninggalan arkeologi berupa manik-manik yang diduga merupakan bekal kubur masyarakat masa kuno.

      Berita Terkini

      Wow! Pemuda Semarang Ternak Emprit, Harganya Capai Rp10 Juta Per Pasang

      Pemuda asal Kota Semarang membudidayakan burung emprit yang harganya mencapai Rp10 juta per pasang.

      Siswa SMK Semarang yang Terseret Ombak di Parangtritis Belum Ketemu

      Seorang siswa SMK Kartini Semarang yang terseret ombak di Pantai Parangtritis belum ditemukan sampai sekarang.

      Komunitas Sepeda dan Satlantas Grobogan Gelar Detik-Detik Proklamasi

      Komunitas sepeda tua, Satlantas Polres Grobogan dan warga menggelar upacara bendera Detik-Detik Proklamasi di sejumlah ruas jalan.

      Mobil di Grobogan Terbakar, Pemilik Mengalami Luka Bakar

      Satu unit mobil terbakar di Dusun Demangan, Desa Ngabenrejo, Kecamatan Grobogan, Kabupaten Grobogan, Rabu (17/8/2022). Satu orang menderita luka bakar.

      HUT Ke-77 RI, 184 Narapidana Lapas Purwodadi Terima Remisi Umum

      Kemenkum HAM memberikan remisi umum dalam rangka HUT-77 RI kepada 184 narapidana Lapas Kelas II B Purwodadi.

      Siswi SMA N 2 Kudus Jadi Pembawa Bendera Upacara HUT ke-77 RI di Istana

      Siswi SMA N 2 Kudus, Jawa Tengah, I Dewa Ayu Firsty menjadi pembawa bendera merah putih dalam upacara peringatan HUT ke-77 Kemerdekaan RI di Istana Merdeka Jakarta, Rabu (17/8/2022). 

      Prakiraan Cuaca Semarang Hari Ini, Cerah Berawah di Hari Kemerdekaan

      Berikut prakiraan cuaca di Semarang pada hari ini, Rabu (17/8/2022) atau bertepatan dengan HUT ke-77 Kemerdekaan RI.

      Unik! Malam Tirakatan di Purworejo, Warga Malah Diajak Bayar PBB

      Warga Parikesit, Kelurahan Pangenjuru Tengah, Kecamatan Purworejo, Kabupaten Purworejo, memiliki cara unik melaksanakan malam tirakatan memperingati HUT ke-77 RI, Selasa (16/8/2022).

      Kronologi Pengeroyokan yang Sebabkan Pemuda di Kendal Meninggal

      Berikut kronologi pengeroyokan yang menyebabkan seorang pemuda di Desa Plantaran, Kaliwungu Selatan, Kabupaten Kendal, meninggal dunia.

      PHMI Ingin Ekspansi ke Jateng, Ini Misi yang Diusung

      Perkumpulan Hotel dan Media Indonesia atau PHMI berencana melakukan ekspansi atau melebarkan sayapnya di wilayah Jawa Tengah (Jateng).

      Pelajar SMK Semarang Terseret Ombak Parangtritis, Begini Kata Orang Tua

      Pelajar SMK di Semarang terseret ombak saat berwisata di Pantai Parangtritis, Kabupaten Bantul, Yogyakarta.

      Galau Kena Tilang, Pemuda di Semarang Letakkan Sabu-Sabu di Pos Polisi

      Aparat Polrestabes Semarang menangkap seorang pemuda yang berniat meletakkan narkoba jenis sabu-sabu di dekat Pos Polisi Bangkok, Jalan M.T. Haryono.

      Unik, Petugas Satpas SIM Polres Grobogan Pakai Baju Adat dan Pejuang

      Merayakan HUT ke-77 RI, petugas layanan SIM Satlantas Polres Grobogan kenakan baju adat dan pejuang, Selasa (16/8/2022).

      Wow! HUT ke-77 RI, Warga Kudus Bentangkan Bendera Merah Putih 1,44 Km

      Bendera Merah Putih sepanjang 1,44 km terbentang di jalan Desa Honggosoco, Kudus, untuk menyambut HUT ke-77 Kemerdekaan RI.

      Terinspirasi Jokowi, Ganjar Akan Kenakan Baju Adat saat Upacara HUT RI

      Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, mengaku terkesima dengan baju adat yang dikenakan Presiden Jokowi saat mengikuti Sidang Tahunan MPR.