Tim renang Indonesia menerima pengalungan medali emas ASEAN School Games di kompleks Stadion Jatidiri, Semarang, Jawa Tengah, Sabtu (20/7/2019). (Semarangpos.com-Imam Yuda S.)

Semarangpos.com, SEMARANG — Indonesia menambah perbendaharaan tujuh medali emas pada pelaksanaan ASEAN School Games (ASG) XI di Kota Semarang, Jawa Tengah (Jateng), Sabtu (20/7/2019).

Dengan tambahan tujuh emas, Indonesia pun kini bertengger di puncak klasemen perolehan medali ASG, menggeser Thailand yang harus berada di urutan kedua.

Indonesia saat ini mengoleksi 13 emas, 8 perak, dan 10 perunggu. Sedangkan Thailand yang sebelumnya berada di urutan teratas, harus rela turun satu peringkat dengan torehan 11 emas, 12 perak dan 11 perunggu.

Tambahan tujuh emas Indonesia pada hari kedua ASG disumbangkan para atlet cabang olahraga (cabor) renang dan atletik. Renang menambah perolehan empat emas, sedangkan atletik tiga emas.

Total saat ini Indonesia telah mengoleksi 7 medali emas dari cabor renang. Pencapaian itu masih jauh dari target yang dibebankan Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) terhadap cabor renang, yakni 12-14 emas.

Sementara di atletik, Indonesia telah meraih 6 emas atau kurang dua emas lagi, mereka sudah mampu memenuhi target yang dibebankan, yakni 8 emas.

Manajer tim renang Indonesia di ASG 2019, Hartadi Noertjojo, mengaku belum puas dengan performa anak asuhnya di lintasan renang. Terlebih lagi ada satu target emas yang meleset di nomor 50 meter gaya dada putra atas nama Ahnaf Kamal Pasya dan Andi Nurrizka.

“Tahun lalu dia [Ahnaf] emas, sekarang cuma berhasil perunggu. Tentunya ini semacam hutang. Selama masih ada hutang kita belum puas,” ujar Hartadi saat dijumpai Semarangpos.com seusai perlombaan di kompleks Stadion Jatidiri, Semarang.

Hartadi mengatakan masih ada sisa dua hari lagi untuk mengejar target yang dibebankan tim renang Indonesia. Ia pun membidik masih ada torehan emas dari beberapa nomor yang diproyeksikan, seperti gaya dada 200 meter putra dan putri, estafet gaya ganti putri, estafet 400 meter gaya bebas putra dan putri, serta 1500 meter putra.

“Semoga di nomor-nomor itu kita bisa mendulang emas. Kalau bisa, berarti target yang dibebankan ke kami terpenuhi. Mohon dukungannya,” imbuh Hartadi.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten