Kategori: Jateng

Tambah 2, Tingkat Kesembuhan Pasien Covid-19 di Salatiga Lebih dari 50%


Solopos.com/Imam Yuda Saputra

Solopos.com, SALATIGA -- Tingkat kesembuhan pasien Covid-19 atau virus corona di Kota Salatiga terus bertambah dari hari ke hari. Pada Jumat (19/6/2020), bahkan ada tambahan dua pasien lagi yang mengalami kesembuhan.

Dari dua pasien yang dinyatakan sembuh itu, salah satunya merupakan pegawai negeri sipil (PNS) di lingkungan Pemkot Salatiga. Dengan tambahan dua pasien sembuh itu, maka total pasien yang mengalami kesembuhan dari Covid-19 di Salatiga saat ini mencapai 36 orang.

Tolak Penguasaan Sungai, Warga Protes Pabrik Garmen di Delanggu Klaten

Dari jumlah tesebut, tingkat kesembuhan pasien Covid-19 di Salatiga mencapai 54,5% dari total pasien yang terpapar sebanyak 66 orang. Kesembuhan di atas 50% ini menjadi kabar baik di tengah meningkatnya kasus-kasus penularan lokal.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Salatiga, Siti Zuraidah, mengonfirmasi hal itu. Dua pasien yang baru dinyatakan sembuh itu adalah laki-laki berusia 19 tahun asal Kelurahan Kutowinangun Kidul dan laki-laki usia 47 tahun dari Kelurahan Dukuh.

Banding Putusan Blokir Internet, Presiden Dinilai Lukai Hati Warga Papua

"Dua pasien sembuh satu dari klaster Blonce [Blondo Celong] dan satu lagi ASN [aparatur sipil negara] Pemkot Salatiga," tulis Zuraidah melalui aplikasi Whatsapp kepada Semarangpos.com, Jumat.

Zuraidah mengatakan tingkat kesembuhan pasien Covid-19 di Salatiga memang cukup tinggi, sekitar 54,5%. Hal itu tak terlepas dari penanganan terhadap pasien Covid-19 yang cukup masif.

Dokter Puskesmas di Madiun Positif Covid-19, Setelah Didatangi Ibunya dari Surabaya

Immunitas Tinggi

Ia mengatakan selama ini, Gugus Tugas (Gusgas) Percepatan Penanganan Covid-19 di Salatiga cukup cepat dalam melakukan tracing terhadap kontak pasien positif. Setelah itu, mereka pun melakukan pemeriksaan untuk mendeteksi penularan Covid-19.

Terlepas dari tingkat kesembuhan, jika ada yang terindikasi positif Covid-19, Gusgas Salatiga pun langsung melakukan perawatan. Meski pasien belum menunjukkan gejala atau orang tanpa gejala (OTG).

Lonjakan 81 Kasus Baru Covid-19 di Semarang dalam Sehari, Mayoritas Nakes

"Selain itu, faktor kesembuhan juga karena imunitas pasien yang tinggi," imbuhnya.

Kendati tingkat kesembuhan tinggi, Zuraidah meminta masyarakat Salatiga tidak lantas menganggap sepele Covid-19. Masyarakat tetap harus menjaga kesehatan melalui protokol pencegahannya seperti memakai masker, menjaga jarak, dan sering mencuci tangan dengan sabun serta air mengalir.

Belasan Rumah di Madiun Rusak Akibat Bentrok Pesilat

"Apalagi Salatiga masih menerapkan status tanggap darurat bencana Covid-19. Jadi, protokol kesehatan harus tetap dijaga. Semoga kita bisa memasuki new normal dengan aman. Aman, artinya tingkat penularan di bawah 1," tegas Zuraidah.

Share
Dipublikasikan oleh
Adib Muttaqin Asfar