Tutup Iklan
Tambah 2 dari Cawas, Ini Total Kasus Covid-19 di Klaten
Ilustrasi tenaga medis Covid-19. (Freepik)

Solopos.com, KLATEN — Total kasus positif Covid-19 di Kabupaten Klaten, Jawa Tengah (Jateng) bertambah dua per Minggu (12/7/2020) malam. Kedua pasien baru Covid-19 di Klaten itu semuanya berasal dari Kecamatan Cawas.

Dengan bertambahnya dua pasien dari Cawas itu, total kasus positif Covid-19 di Kabupaten Klaten menjadi 69. Dari 69 kasus, empat orang dinyatakan meninggal dunia, 47 dinyatakan sembuh, dan 18 sisanya masih dalam perawatan.

Kasus Positif Covid-19 Tambah Terus, Boyolali Masuk Zona Merah

Juru Bicara Gugus Tugas Pencegahan dan Pengendalian Covid-19 Klaten, Cahyono Widodo, mengatakan dua pasien baru Covid-19 asal Cawas itu masing-masing berinisial H, laki-laki, 54, dan MNS, perempuan, 58.

Pasien H

Cahyono menjelaskan pasien berinisial H bekerja sebagai wiraswasta dan memiliki riwayat aktivitas perjalanan di Klaten, Jakarta, dan Solo. Diduga, pasien itu terpapar saat bekerja. H terkonfirmasi positif Covid-19 dari hasil tindak lanjut rapid test mandiri.

Penyebab Kematian Terduga Teroris Cemani Sukoharjo Samar, Keluarga Minta Pejelasa

Sebelumnya, kata Cahyono, H melakukan rapid test mandiri pada 7 Juli 2020 di RSI Cawas karena akan pergi bekerja ke Bali. Hasil rapid test reaktif sehingga pada 9 Juli dan 10 Juli pasien itu diambil spesimen swab di RSD Bagas Waras Klaten.

"Hasil tes swab keluar pada 12 Juli dan menunjukkan terkonfirmasi positif Covid-19 dan saat ini mulai menjalani perawatan di RSD Bagas Waras Klaten," kata Cahyono berdasarkan siaran pers yang diterima Solopos.com.

Pasien MNS

Sementara itu, pasien berinisial MNS merupakan seorang ibu rumah tangga. Suami MNS merupakan pasien terkonfirmasi positif Covid-19 yang dirawat di Klaten, namun kasusnya tercatat di Jakarta karena memiliki riwayat domisili di Jakarta.

Covid-19 Boyolali Tembus 74 Kasus, Ada 1 Pasien Baru Punya 80 Kontak Erat

Cahyono menjelaskan MNS sebelumnya menjalani isolasi mandiri sejak 2 Juli 2020 dan diambil spesimen swab pada 9 Juli dan 10 Juli di Puskesmas Cawas 1.

"Hasil tes swab keluar pada tanggal 12 Juli yang menunjukkan terkonfirmasi positif Covid-19. Kemudian saat ini pasien mulai menjalani perawatan di RSUP dr Soeradji Tirtonegoro Klaten," kata Cahyono.

Dengan tambahan itu, total kasus positif Covid-19 di Kabupaten Klaten menjadi 69. Hal ini tentu menjadi perhatian serius untuk terus mematuhi protokol kesehatan agar kasus positif Covid-19 tak bertambah.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya





Kolom

Pasang Baliho