Taman Nasional Bwindi Uganda Kebanjiran Bayi Gorila Gunung

 Taman Nasional Bwindi berhasil meningkatkan angka kelahira gorila gunung alias Gorilla beringei beringei yang merupakan spesies langka sebagaimana dipublikasikan @bbcnews, Jumat (4/9/2020). (Instagram-@bbcnews)

SOLOPOS.COM - Taman Nasional Bwindi berhasil meningkatkan angka kelahira gorila gunung alias Gorilla beringei beringei yang merupakan spesies langka sebagaimana dipublikasikan @bbcnews, Jumat (4/9/2020). (Instagram-@bbcnews)

Solopos.com, KAMPALA –  Bayi-bayi gorila gunung alias Gorilla beringei beringei dikabarkan lahir dalam enam pekan terakhir di Taman Nasional Bwindi, Uganda. Pemimpin Ugandan Wildlife Service (UWS) mengatakan telah mencatat banjirnya angka kelahiran gorila di taman nasional yang merupakan Situs Warisan Dunia United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO) tersebut.

Menurut Uganda Wildlife Authority (UWA), lima bayi telah lahir hanya dalam enam pekan di Taman Nasional Bwindi. Taman safari itu terletak di dekat perbatasan barat daya Uganda dengan Republik Demokratik Kongo. “Lima bayi gorila lahir hanya dalam enam minggu dari 22 Juli hingga 31 Agustus,” ungkap Bashir Hangi juru bicara UWA.

PromosiNimo Highland, Wisata Hits di Bandung yang Mirip Santorini Yunani

Akhir pekan lalu, dua bayi gorila gunung kembali lahir. Kelahiran mereka menambah total kelahiran tahun ini menjadi tujuh. Sebagai perbandingan, tahun lalu hanya tiga bayi yang berhasil dilahirkan di Taman Nasional Bwindi itu.

Demi Roro Jonggrang, Bandung Bondowoso Gali Sumur

Sebagaimana dikutip Solopos.com dari laman CNN, Pemerintah Uganda rata-rata hanya mencatat satu atau dua kelahiran dalam setahun. Namun, kali ini, aparat lingkungan hidup setempat bisa membantu hingga tujuh kelahiran gorila gunung.

Buah Upaya Konservasi

Namun, UWA meyakini beragam upaya yang dilakukan, seperti upaya konservasi, patroli anti-perburuan liar, tim dokter yang selalu siaga, dan pemantauan 24/7 terhadap gorila telah membuahkan hasil. "Kelahiran gorila gunung baru adalah suatu keberhasilan upaya konservasi di Uganda," kata Direktur Eksekutif UWA, Sam Mwandha.

Ia juga mengatakan bahwa peningkatan pengamanan kawasan lindung membuat populasi gorila gunung semakin meningkat. "Dengan peningkatan integritas kawasan lindung, telah terjadi peningkatan umum populasi satwa liar di Uganda," ujar Sam Mwandha.

Bandung Bondowoso Marah ke Prabu Baka, Mengapa?

Peningkatan jumlah populasi baru-baru ini membuat gorila gunung dikeluarkan dari daftar merah International Union for the Conservation of Nature yang terancam punah pada tahun 2018. Tetapi, organisasi tersebut masih mengklasifikasikan mereka sebagai spesies yang terancam punah.

Sebagaimana dikutip dari BBC, gorila gunung merupakan spesies yang terancam punah dengan populasi lebih dari 1.000 ekor. Keberhasilan konservasi memberi harapan baru bagi perkembangbiakan gorila gunung.

Selain di Bwindi Impenetrable National Park, satwa itu juga dapat ditemukan di jaringan taman di pegunungan Virunga Massif. Taman nasional itu melintasi perbatasan tiga negara.

ne; width:100%;" target="_blank" rel="noopener noreferrer">

rmal; font-weight:550; line-height:18px;"> View this post on Instagram

px 0 0 0; padding:0 4px;"> rmal; font-weight:normal; line-height:17px; text-decoration:none; word-wrap:break-word;" target="_blank" rel="noopener noreferrer">There's an "unprecedented" gorilla baby boom happening at the Bwindi National Park in Uganda! ?? The Ugandan Wildlife Service said seven babies have been born in the park since January, compared to three in the whole of 2019. They told the BBC they're not sure why so many babies have been born. In March, most of Uganda's tourism sector was shut down due to the coronavirus outbreak. While the industry is slowly opening, worries about primates contracting the virus remain, as they share so much DNA with humans. Tap the link in our bio for more on the new gorillas swinging into the park and the efforts to protect this endangered species. (? Getty / Ugandan Wildlife Service) #Uganda #Gorilla #Wildlife #Animals #Conservation #bbcnews

px; overflow:hidden; padding:8px 0 7px; text-align:center; text-overflow:ellipsis; white-space:nowrap;">A post shared by rmal; font-weight:normal; line-height:17px;" target="_blank" rel="noopener noreferrer"> BBC News (@bbcnews) on

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Soloraya Raya

Daftar dan berlangganan Espos Plus sekarang. Cukup dengan Rp99.000/tahun, Anda bisa menikmati berita yang lebih mendalam dan bebas dari iklan dan berkesempatan mendapatkan hadiah utama mobil Daihatsu Rocky, sepeda motor NMax, dan hadiah menarik lainnya. Daftar Espos Plus di sini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Solopos.com - Panduan Informasi dan Inspirasi

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Berita Terkini

      Saksi Kunci Kasus Ferdy Sambo, AKBP Arif Rahman Arifin Sakit

      Arif Rahman hadir langsung di persidangan di Gedung TNCC Divisi Propam Polri namun tidak mengikuti sidang sampai dengan selesai karena alasan kesehatan belum stabil.

      Pengirim Paket Meledak di Aspol Sukoharjo Berstatus Saksi

      Kabid Humas Polda Jawa Barat Kombes Pol Ibrahim Tompo mengatakan pria yang berinisial S itu sempat diamankan beberapa saat setelah ada ledakan di Aspol tersebut.

      Pengacara Gubernur Lukas Enembe: Pak Presiden, Klien Kami Benar-Benar Sakit

      Lukas Enembe menderita sejumlah riwayat penyakit sehingga harus menjalani pengobatan di Singapura, termasuk empat kali serangan stroke.

      Pengacara: Gubernur Papua Lukas Enembe Susah Berbicara

      Menurut Roy Rening, sakit Gubernur Papua Lukas Enembe serius sehingga susah berbicara.

      Ledakan di Asrama Brimob Sukoharjo, Polisi: Paket Dikirim Maret 2021

      Pria Indramayu berinisial S, pengirim paket yang meledak di asrama Brimob Sukoharjo, Jawa Tengah pada Minggu (25/9/2022) petang itu mengirimkan paket ke Jawa Tengah pada Maret 2021.

      Presiden Jokowi Minta Gubernur Papua Lukas Enembe Penuhi Panggilan KPK

      Presiden Jokowi meminta Gubernur Lukas Enembe untuk patuh memenuhi panggilan penegak hukum KPK.

      Lukas Enembe Mangkir Panggilan KPK, Kuasa Hukum: Sakit, Tidak Melawan Negara

      Gubernur Papua, Lukas Enembe, kembali mangkir dari panggilan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pada Senin (26/9/2022), karena sakit.

      Gubernur Papua Lukas Enembe Kembali Mangkir Panggilan KPK

      Gubernur Papua, Lukas Enembe, kembali mangkir dari panggilan kedua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pada Senin (26/9/2022) karena sakit.

      Ketua MUI: Pernikahan Beda Agama Tidak Sah dan Haram

      MUI Pusat menyatakan bahwa ulama dan organisasi Islam di Indonesia sepakat bahwa pernikahan beda agama dalam Islam adalah tidak sah dan haram.

      Menilik Kualitas Hidup Warga Finlandia yang Disebut Paling Berbahagia di Dunia

      Finlandia dinobatkan sebagai negara dengan kualitas hidup terbaik. Negara Seribu Danau ini diberi skor 99,06 dari 100 dan dianggap memiliki kualitas hidup tertinggi secara global.

      BMKG Catat 345 Kali Gempa Bumi di Bengkulu Mulai dari M 6,5 sampai M 2,0

      Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Provinsi Bengkulu mencatat 345 kali gempa bumi di wilayah Bengkulu selama periode Januari hingga September 2022.

      Langkah Awal Kolaborasi, UNS Teken Kerja Sama dengan Universitas Pakuan

      Setelah ini akan ada kerja sama-kerja sama yang dijalin oleh prodi di UNS dengan prodi-prodi yang ada Universitas Pakuan.

      Bantuan untuk Korban Bencana di Pakistan Masih Dibuka hingga 3 Oktober

      Pemerintah masih menerima bantuan dari organisasi masyarakat untuk warga Pakistan terdampak bencana alam hingga pekan depan, tepatnya 3 Oktober 2022.

      Kemenag: Pembimbing Ibadah Haji Harus Besertifikat

      UU No. 8/2019 tentang Penyelenggaraan Ibadah Haji dan Umrah memberi mandat Kementerian Agama untuk membina, salah satu upaya yang dilakukan adalah sertifikasi petugas dan pembimbing ibadah haji.

      Curahan Hati Dedi Mulyadi Jelang Sidang Cerai: Demi Kamu, Aku akan Bertahan

      Anggota DPR RI, Dedi Mulyadi, menyampaikan pesan menyayat hati menjelang sidang gugatan perceraian dengan istrinya, Bupati Purwakarta, Anne Ratna Mustika.