SOLOPOS.COM - Anggota Polres Kulonprogo mengajarkan kepada seorang siswa TK mengenai cara memakai helm yang benar sebelum bermain di taman lalu lintas portabel yang diluncurkan di halaman Mapolres Kulonprogo, Sabtu (12/3/2016) kemarin. (Rima Sekarani I.N/JIBI/Harian Jogja)

Taman lalu lintas portabel di Polres Kulonprogo menjadi tempat bermain sekaligus belajar disiplin lalu lintas

Harianjogja.com, KULONPROGO-Upaya menumbuhkan kesadaran disiplin berlalu lintas perlu dilakukan sejak dini. Wawasan dan pemahaman mengenai taat rambu lalu lintas yang didapat semasa kanak-kanak diharapkan bisa tertanam dengan baik dan menjadi kebiasaan positif hingga anak tumbuh dewasa.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Hal itu diungkapkan Kapolres Kulonprogo, AKBP Nanang Djunaedi usai meluncurkan taman lalu lintas portabel di halaman Mapolres Kulonprogo, Sabtu (12/3/2016). Fasilitas tersebut bisa dimanfaatkan untuk mengenalkan rambu-rambu dan etika berlalu lintas kepada anak-anak.

Ekspedisi Mudik 2024

Menurutnya, nilai pendidikan akan lebih mengena jika anak-anak merasa gembira saat belajar. “Mereka belajar disiplin berlalu lintas sambil bermain,” ujar Nanang.

Nanang mengatakan, taman lalu lintas portabel juga dilengkapi dengan alat peraga pengenalan marka jalan dan lampu pengatur lalu lintas. Dia berharap, anak-anak minimal bisa mengetahui apa saja yang harus dilakukan ketika mereka di jalan raya, misalnya memakai helm saat naik sepeda motor. “Tahu kalau lampu merah itu artinya harus berhenti, hijau jalan, dan kuning hati-hati,” ucap Nanang.

Selain peluncuran taman lalu lintas portabel, Polres Kulonprogo juga menyelenggarakan lomba mewarnai bagi anak-anak TK. Pesertanya tercatat sebanyak 688 orang dari 26 sekolah. Nanang lalu mengungkapkan, kegiatan hari itu merupakan bagian dari Operasi Simpatik Progo 2016.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya