SOLOPOS.COM - Aktivitas warga di Taman Cerdas Semanggi, Pasar Kliwon, Solo. (Nicolous Irawan/JIBI/Solopos)

Proyek lanjutan Taman Cerdas Semanggi dianggarkan Rp1,8 miliar untuk pembangunan pendapa tempat gamelan, gedung IT, sekretariat Kota Layak Anak dan forum anak.

Solopos.com, SOLO — Proyek lanjutan Taman Cerdas Semanggi Kecamatan Pasar Kliwon, Solo senilai Rp1,8 miliar dalam proses lelang. Anggaran tersebut akan dimanfaatkan untuk pembangunan pendapa tempat gamelan, gedung informasi teknologi (IT), serta sekretariat Kota Layak Anak (KLA) dan Forum Anak.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Taman Cerdas Semanggi berlokasi di Kampung Mipitan RT 005/RW 009, Semanggi, Pasar Kliwon, Solo. Taman ini mulai dibangun tahun 2016 dengan anggaran Rp1,3 miliar. Dengan anggaran tersebut Taman Cerdas Semanggi sudah bisa menyediakan fasilitas seperti pendapa, tempat bermain anak-anak, gedung perpustakaan, gudang, dan kamar mandi.

Ekspedisi Mudik 2024

“Untuk pembangunan tahap kedua tahun ini sudah ada anggarannya dari APBD 2017 senilai Rp1,8 miliar, tapi ini baru proses lelang,” kata Kepala Seksi Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan Semanggi, Anis Widhaningsih, saat ditemui Solopos.com, di Kelurahan Semanggi, Senin (5/6/2017).

Pemerintah Kelurahan Semanggi juga berencana mengajukan anggaran pada APBD Perubahan 2017 untuk pengadaan buku di perpustakaan. “Gedung perpustakaan sudah ada, tapi belum ada isinya [buku]. Ini nanti kami ajukan di APBD Perubahan tahun ini,” imbuh Anis.

Taman Cerdas Semanggi, Solo masih dalam proses pembangunan dan masa pemeliharaan pembangunan tahap pertama. Namun, animo masyarakat untuk datang ke taman tersebut cukup tinggi. Pendapa utama di Taman Cerdas Semanggi sudah sering dimanfaatkan untuk acara-acara pertemuan terutama dari sekolah taman kanak-kanak (TK) dan sekolah dasar (SD).

“Pada sore hari, tempat ini sudah ramai untuk mainan anak-anak. Pengunjung bukan hanya dari Semanggi, tapi juga kelurahan lain seperti Kauman dan sekitarnya,” ujar penjaga Taman Cerdas Semanggi, Sri Mulyani.

Menurut Sri, masyarakat antusias datang ke Taman Cerdas Semanggi lantaran di wilayah Semanggi nyaris tidak ada lagi ruang publik yang nyaman untuk bermain anak-anak. “Bahkan ada warga yang mau menyewa untuk hajatan, tapi belum diperbolehkan. Kalau sekadar untuk acara pertemuan, arisan, pelajaran luar kelas anak-anak TK, silakan. Tapi izin dulu ke kelurahan,” kata Sri.

Anis menuturkan kendati proyek Taman Cerdas Semanggi belum rampung, namun tempat tersebut pernah ditinjau langsung perwakilan dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak. Taman Cerdas akan menjadi fasilitas bermain yang aman dan nyaman bagi anak-anak Semanggi dan sekitarnya.

“Sekarang di kanan kiri jalan di Semanggi sudah padat permukiman. Tidak ada lagi ruang untuk bermain anak-anak. Mau main bola di jalan kampung juga berbahaya. Taman cerdas bisa menjadi pilihan tempat karena nanti kami sediakan arena kecil untuk olahraga,” kata Anis.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya