SOLOPOS.COM - Danau di Kebun Binatang Gembira Loka dilengkapi wahana permainan air kapal bebek. Tempat ini menjadi salah satu favorit pengunjung, Sabtu (4/5). (Harian Jogja/JIBI/Sumadiyono)

Danau di Kebun Binatang Gembira Loka dilengkapi wahana permainan air kapal bebek. Tempat ini menjadi salah satu favorit pengunjung, Sabtu (4/5). (Harian Jogja/JIBI/Sumadiyono)

JOGJA—Kebun binatangan Gembira Loka bakal mengembangkan kawasan khusus Karnivora. Wahana ini bakal menambah fasilitas yang sudah ada seperti kawasan reptil dan taman burung yang bakal segera rampung dibangun.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Manajer Marketing Gembira Loka, Josep Kurniawan mengatakan pengelompokan satwa karnivora ini meliputi satwa pemakan daging. Mereka nantinya akan ditempatkan dalam satu kawasan meski antar jenis satwa tetap di pisahkan.

“Harimau dipisahkan dengan satwa lain namun masih satu kawasan. Harapannya makin menambah daya tarik,” ujar dia kepada Harian Jogja di kantornya, belum lama ini.

Kebun Binatang Gembira Loka memiliki sejumlah koleksi satwa karnivora besar. Diantarnya, buaya dan harimau. Khusus harimau, kebun binatang kebanggaan warga Jogja itu kini memiliki lima ekor. Kesemuanya merupakan Harimau Sumatera.

Sementara satu satunya singa sudah mati beberapa waktu lalu. “Kami tidak lagi punya koleksi Singa. Selain itu, kami juga tidak punya Badak dan Jerapah. Kami sudah sepakat dengan kebun binatang di Bali untuk mendatangkan Singa.Namun sampai sekarang belum terealisasi. Prosedur keluar dari Bali cukup sulit,” ujar dia.

Gembira loka juga  berencana mendatangkan enam ekor Pinguin Afrika untuk menambah koleksi. Satwa itu didatangkan dari Singapore Zoo. “Untuk menyesuaikan habitat mereka, nanti di dalam kandang di sini akan dilengkapi air conditioner. Suhu di sesuaikan dengan iklim tempat tinggal mereka,” imbuh Josep.

Staf Humas Kebun Binatang Gembira Loka, Lucia menjelaskan peningkatan kunjungan menandakan apresiasi masyarakat terhadap konservasi satwa terutama  satwa langka semakin meningkat. Dalam sehari, kebun binatang kebanggaan warga Jogja ini rata rata dikunjungi hingga 3.000 orang dan mencapai 10.000 orang saat hari libur.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya