SOLOPOS.COM - Kondisi longsor di Dusun Mertelu, Mertelu, Gedangsari, Selasa (6/3/2018). (IST/Dok BPBD Gunungkidul)

Kerusakan tersebut berdampak terhadap aktivitas masyarakat

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL-Talut setinggi sepuluh meter dan panjang 20 meter di Dusun Mertelu, Desa Mertelu, Gedangsari ambrol Senin (5/3/2018) petang. Akibatnya, akses penghung antar desa di Gedangsari nyaris putus karena longsoran mengerus sebagian badan jalan.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Camat Gedangsari Imam Santoso mengatakan, longsornya talut di Dusun Mertelu terjadi karena hujan deras yang mengguyur sejak Senin siang. Hujan deras yang turun mengakibatkan banjir dan menggerus dasaran talut sehingga ambrol.

“Meski ambrol, peristiwa itu tidak sampai menimbulkan korban jiwa,” kata Imam kepada wartawan, Selasa (6/3/2018).

Menurut dia, kerusakan tersebut berdampak terhadap aktivitas masyarakat karena jalan tersebut menjadi penghubung antara Desa Hargomulyo dan Tegalrejo. “Memang masih bisa dilalui tapi hanya untuk roda dua. Sedang untuk mobil tidak bisa karena kerusakan hampir memakan separuh badan jalan,” ungkapnya.

Kerusakan jalan ini sudah dilaporkan ke BPBD Gunungkidul. Untuk berjaga-jaga dari hal-hal yang tidak diinginkan di sekitar lokasi juga telah dipasangi bambu sebagal pengaman. Imam pun berharap ada bantuan untuk perbaikantalut dan jalan yang rusak sehingga aktivitas warga dapat kembali lancar seperti sebelum terjadinya longsoran.

“Warga rencananya juga akan melakukan kerja bakti untuk upaya perbaikan,” katanya lagi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya