Takut Tertipu Belanja Online? Cek di Sini Nomor Rekening Si Penipu!
Ilustrasi belanja online (Parshreald.com)

Solopos.com, SOLO -- Sebelum belanja online, agar tak mudah tertipu oleh oknum yang tak bertanggung jawab, sebaiknya Anda mengecek nomor rekening penipu dengan cara di bawah ini.

Apalagi belakangan ini semakin banyak penjual yang melakukan penipuan secara online. Tercatat pada 2019 ada 2.300 kasus penipuan belanja online.

Pengen Bisa Menyetir Mobil? Stop Belajar Sama Suami!

"Setahun belakangan laporan polisi untuk rekayasa sosial hingga menjadi penipuan online sekitar 2.300. Jumlah ini banyak kalau dibandingkan dengan subdirektorat lain sekitar 100 laporan per tahun," ujar Kanit II Subdit Cyber Crime Polda Metro Jaya, Jakarta, AKBP Dhany Aryanda dilansir Liputan6.com, Jumat (24/6/2020).

Maka dari itu, simak tips di bawah ini agar tak tertipu saat belanja online seperti yang dibeberkan oleh kanal Youtube Teknobietermasuk mengecek nomor rekening si penipu.

Dampak Negatif Sering Membentak Anak, Nomor 3 Bahaya Banget

1. Jangan Percaya Harga Murah

Perlu diketahui, harga online memang jauh lebih murah dibanding dengan harga offline. Tetapi, Jika penjual memasang promosi diskon yang tak wajar, Anda patut waspada. Bisa-bisa penjual tersebut berniat menipu Anda.

Belum Move On? Ini Loh Ada Cara Mudah & Cepat Melupakan Mantan

2. Kalau Curiga Jangan Beli

Seseorang dilahirkan mempunyai insting. Jika calon pembeli curiga dengan harga yang murah dan juga gerak-gerik penjual yang tak wajar, alangkah baiknya untuk tidak membeli produk melalui online.

Kunyit Diklaim Bisa Membunuh Virus Tertentu, Termasuk Corona?

3. Bandingkan dengan Lapak Sebelah

Membandingkan harga dengan lapak yang lain juga menjadi salah satu cara untuk Anda agar tak tertipu saat belanja online. Biasanya, setiap lapak online harganya tak jauh berbeda.

Tetapi, jika ada yang menjual dengan harga di bawah pasaran online, urungkan niat Anda untuk membeli produk di lapak tersebut.

Gaya Wika Salim Naik Motor Gede Bikin Pria Adem Panas, Mau Dibonceng?

4. Memaksa Segera Transfer

Penjual yang berniat menipu biasanya akan memaksa calon pembeli untuk segera transfer dan menanyakan tiap waktu apakah sudah transfer atau belum.

"Kalau saya pebisnis online yang sibuk saya enggak perlu meyakini orang seperti itu," kata Founder Digimaru, Michael Sugiharto di dalam video tersebut.

Kata Cinta Laura, 3 Serial Film Netflix Ini Wajib Ditonton

5. Jejak Digital

Sebelum Anda membeli produk melalui online, alangkah baiknya untuk mencari jejak digital penjual di mesin pencari Google.

Salah satunya adalah melakukan pengecekan nomor rekening penjual apakah aman atau tidak di situs milik Kementerian Komunikasi dan Informatika, cekrekening.id.

Cara Menghilangkan Komedo dengan Alami Tanpa Rasa Sakit

Caranya, kunjungi situs cekrekening.id. Kemudian, masukkan nama rekening bank pemilik penjual beserta nomor rekeningnya.

Dan terakhir. klik periksa rekening.

Kesurupan Bisa Menular Terutama pada Perempuan, Ini Cara Mencegahnya

Bikin Iri! Ini Momen Mesra Tante Ernie Pemersatu Bangsa Bareng Suami



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya



Kolom