SOLOPOS.COM - Pemain Persis Solo, Syah Roni (kanan), meluapkan kegembiraan bersama rekan timnya seusai mencetak gol ke gawang Semen Padang dalam pertandingan persahabatan di Stadion Manahan, Solo, Kamis (5/3/2020). (Solopos/M. Ferri Setiawan)

Solopos.com, BOYOLALI — Persis Solo terus memantapkan taktik formasi 4-3-3 untuk menjamu PSCS Cilacap di Stadion Manahan dalam laga perdana Liga 2 2020, Minggu (15/3/2020). Taktik ofensif itu memang menjadi pilihan utama Laskar Sambernyawa untuk mengarungi kompetisi musim ini.

Namun Persis juga menyiapkan sejumlah alternatif apabila tim berada dalam tekanan. Formasi 4-4-2 dan 3-5-2 belakangan turut dimatangkan dalam latihan rutin. Opsi taktik dua striker bakal diambil apabila tim sulit memecah kebuntuan atau harus mengejar ketertinggalan gol atas lawan.

Promosi Antara Tragedi Kanjuruhan dan Hillsborough: Indonesia Susah Belajar

Pemkot Madiun Pasang 50 Rambu di Lokasi Rawan Bencana

Sejumlah duet penyerang mulai M. Isa-Rishadi Fauzi, Rishadi-Sansan Fauzi, Isa-Sansan hingga Rishadi-Tri Handoko telah dicoba dalam latihan. Sebagai striker stylish, Rishadi dan Sansan tampak nyaman bermain dalam pola dua striker dengan ditopang partner yang mempunyai kecepatan dan pergerakan.

Pelatih Persis, Salahudin, mengatakan taktik 4-3-3 bakal menjadi pakem utama tim dalam kompetisi. Dalam formasi tersebut, Persis praktis hanya menempatkan satu striker murni dengan ditopang dua winger. Salahudin mengatakan taktik Persis Solo itu bisa berubah menjadi 4-4-2 apabila timnya membutuhkan gol untuk menyegel kemenangan.

“Bisa juga dipakai ketika tim dalam posisi tertinggal. Dengan menambah striker, harapannya peluang menang lebih besar,” ujar Salahudin saat ditemui wartawan seusai memimpin latihan di Lapangan Donohudan, Ngemplak, Selasa (10/3/2020).

Virus Corona Mewabah, 60 Juta Warga Italia Dilarang Keluar Rumah

Selain menambah ketajaman, opsi 4-4-2 atau 3-5-2 bisa diadopsi ketika Persis ingin menekankan keseimbangan permainan. Keseimbangan diperlukan apabila Persis tampil tandang dengan lawan yang memeragakan permainan ofensif.

Salahudin mengatakan formasi 4-4-2 bisa berubah menjadi 4-4-1-1 ketika tim harus mengamankan poin di kandang lawan. “Striker harus siap turun untuk membantu lini tengah,” ujar Salahudin.

Performa Mantap

Sebelumnya, performa Persis Solo dinilai mulai meyakinkan setelah menggasak Semen Padang empat gol tanpa balas dalam uji coba di Stadion Manahan, Kamis (5/3/2020). Kemenangan itu dianggap bisa menjadi penyuntik moral yang signifikan jelang sepak mula Liga 2 2020 pertengahan Maret.

Jadwal Pemadaman Listrik di Solo dan Karanganyar, Rabu (11/3/2020)

Persis memamerkan kerjasama antarlini yang matang. Sayatan sayap plus kombinasi umpan daerah membuat Persis berulangkali membahayakan pertahanan Semen Padang. Salahudin mengatakan kemenangan meyakinkan atas Semen Padang cukup mendongkrak mental pemain jelang kompetisi sesungguhnya.

Duel melawan tim asuhan Eduardo Almeida juga membuat sang pelatih makin yakin dengan starting eleven untuk Liga 2. “Namun tim inti yang final baru akan ditentukan jelang kompetisi digelar.”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya