SOLOPOS.COM - Ilustrasi awak Kosti Solo bersiap mengoperasikan armada taksi mereka di pool Kosti Mojosongo, Solo, Jawa Tengah. (Sunaryo Haryo Bayu /JIBI/Solopos)

Solopos.com, SOLO — Koperasi Taksi (Kosti) Solo menghadirkan digital call center demi memberikan layanan yang lebih baik bagi pelanggan. Hal ini mengingat persaingan taksi juga semakin ketat.

Manajer Kosti Solo Peni Yunita Kardila Sari menyampaikan selama ini panggilan hanya dicatat secara manual di kertas. Oleh karena itu, pihaknya sulit mendeteksi pelanggan yang loyal. Dengan menggunakan sistem digital, input data hanya dilakukan sekali, langsung tercatat dan akan langsung dikenal saat menelepon kembali.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Kami menargetkan akan ada 10 line yang melayani pesanan taksi melalui telepon. Namun saat ini baru ada tujuh line yang beroperasi sehingga kami akan menambah tiga lagi,” ungkap Peni seusai launching call center, Jumat (30/5/2014).

Dia juga menerangkan dengan sistem baru tersebut, konsumen akan semakin dimudahkan karena konsumen akan mendapat balasan mengenai nomor taksi yang akan datang untuk menjemput. Sedangkan bagi driver juga akan terbantu karena mendapat kiriman SMS mengenai alamat bahkan ciri-ciri konsumen.

Peni menyampaikan selama ini ada 2.000 pesanan lewat telepon setiap harinya. Itu pun masih ada beberapa panggilan yang tidak bisa dilayani karena banyaknya traffic penelpon. Oleh karena itu, dengan sistem baru ini diharapkan layanan by phone mampu meningkat dua kali lipat dari biasanya atau minimal 3.000-3.500 panggilan per hari.

Pihaknya optimistis digital call center mampu beroperasi dengan baik karena didukung sistem dari Telkomsel. Apalagi saat ini mendekati Lebaran yang biasanya pesanan by phone meningkat 20% dan diharapkan layanan akan semakin baik.

Account Manager Telkomsel Solo, Azis Cahyono, mengklaim layanan digital call center ini lebih akurat, lebih cepat sehingga layanan menjadi semakin baik. Dengan up date teknologi yang lebih baik, dia menuturkan akan ada program mengenai konsumen yang loyal. Hal ini mengingat pendeteksian pelanggan loyal saat ini menjadi lebih mudah. “Kami support jaringan dan teknologinya. Ke depan kami juga akan mengembangkan pemesanan taksi melalui SMS tapi waktunya kapan, kami belum bisa mengatakan,” kata dia.

Di saat yang sama Kosti juga meremajakan 22 mobil dari sedan menjadi mobil niaga. Ketua Kosti Solo, Supriyono, menuturkan saat ini koperasi tersebut memiliki 210 kendaraan dan 82 mobil di antaranya merupakan kelas niaga.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya