SOLOPOS.COM - Salah satu miniatur kapal memeriahkan takbir keliling Kota Wates, Kamis (16/7/2015). (JIBI/Harian Jogja/Holy Kartika N.S)

Takbiran Kulonprogo diwarnai penyalaan lampu hias dan lampion.

Harianjogja.com, KULONPROGO– Di era yang serba modern ini, obor bambu atau oncor saat takbiran mulai tergantikan dengan lampu-lampu hias beraneka warna. Hal itu pun tampak juga di penyelenggaraan takbir yang digelar di Wates, Kulonprogo, Kamis (16/7/2015) malam.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Anna, salah satu peserta takbir keliling mengaku, lampu hias beraneka warna lebih menarik dibandingkan obor. Apalagi, jika dibawa anak-anak saat berkeliling kota. “Lebih aman kalau dibawa anak-anak. Karena takbiran seperti ini anak-anak yang paling antusias,” ujar Anna.

Tidak hanya lampu-lampu hias beraneka warna saja yang meramaikan takbir keliling di Kota Binangun ini. Berbagai macam lampion pun turut memeriahkan takbir yang dikumandangkan di sepanjang jalan di Kota Wates. Meski tanpa oncor, namun antusiasme warga tetap tinggi. Bahkan, kemeriahan takbiran makin semarak dengan adanya berbagai miniatur masjid hingga Ka’bah.

Usai dilepas Bupati Kulonprogo Hasto Wardoyo, ratusan peserta takbir berkeliling Kota Wates sembari mengumandangkan takbir. Acara takbir keliling ini diikuti sebanyak 26 kelompok masjid dari seluruh kecamatan di Kulonprogo.

Ketua Panitia Takbir Keliling Riemas Ginong Pratidina mengungkapkan, penyelenggaraan tahun ini dinilai lebih ramai dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Antusiasme warga Kulonprogo begitu besar untuk mengikuti dan memeriahkan takbir keliling ini.

“Secara umum, penyelenggaraan [takbir keliling] tahun ini tidak jauh beda dengan tahun lalu. Hanya saja partisipasi masyarakat mulai meningkat, hampir seluruh kecamatan mengirimkan perwakilannya,” ujar Ginong.

Kasatlantas Polres Kulonprogo AKP Ahmad Hidayat mengatakan, untuk mengamankan acara takbir keliling setidaknya 50 personil dikerahkan. Adapun rute takbir keliling yang dilalui dimulai dari Halaman Pemkab Kulonprogo – Alun-alun Wates – Pintu Perlintasan Kereta Api sisi barat – Driyan – Pasar Wates – Terminal Wates – Pintu Perlintasan Kereta Api sisi timur – Alun-alun Wates.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya