SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Takbiran Jogja juga akan digelar di seputaran Kraton Jogja

Harianjogja.com, JOGJA — Angkatan Muda Muhammadiyah (AMM) Kraton Jogja menggelar Gema Takbir Jeron Beteng berlokasi di Alun-Alun Selatan, Kota Jogja, Sabtu (24/6/2017) malam. Sejumlah arus lalu lintas menuju lokasi pelaksanaan akan ditutup sejak pukul 18.00 WIB.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Ketua Panitia Gema Takbir Jeron Beteng Kraton Jogja Guntur Aji Hidayatullah menjelaskan, pelaksanaan Gema Takbir Jeron Beteng 2017 diikuti 17 Masjid dan Mushola yang berada di wilayah Kraton Jogja, utamanya di dalam area Jeron Beteng.

“Dalam kegiatan ini kami mengambil tema, Dakwah Menggembirakan Menuju Jogja Berhati Nyaman,” terangnya, Jumat (23/6/2017).

Ia menambahkan, dalam acara takbiran itu akan dihadiri sekitar 1.000 orang baik anak-anak, dewasa maupun remaja. Kegiatan itu sekaligus diperlombakan yang akan memperebutkan trofi juara pertama, kedua dan ketiga. Menurutnya, setiap kelompok peserta telah menyatakan kesiapannya untuk menampilkan yang terbaik dalam display yang akan digelar di depan Sasana Hinggil Kraton, Jogja. Seluruh peserta akan menggunakan berbagai aksesoris layaknya pawai dengan berbagai hasil kreativitas remaja Masjid/Mushola. Tak terkecuali menggunakan peralatan musik tradisional hingga modern untuk menambah alunan takbir semakin merdu.

Pihaknya sengaja tidak membuat rute berkeliling di jalanan agar tidak semakin membuat kemacetan panjang. Sejumlah panitia juga disiagakan di sejumlah titik rawan macet terutama jalur yang akan dilewati peserta saat akan berangkat menuju Alun-Alun Selatan.

“Peserta akan diberikan kesempatan melakukan display sekitar tujuh menit untuk menampilkan yang terbaik. Tidak boleh membawa petasan dan senjata tajam,” kata dia.

Seksi Keamanan Panitia Gema Takbir Jeron Beteng Kraton Jogja Rahayu Slamet menambahkan, sejumlah jalan yang menuju kawasan Alun-Alun Selatan akan ditutup sejak pukul 18.00 WIB agar steril dari kendaraan terutama roda empat. Jalan yang akan ditutup antara lain, Jalan Langenastran Kidul, Langenastran Lor, Langenarjan Kidul, Langenarjan Lor dan Langenarjan Kidul yang merupakan sisi timur Alun-Alun Selatan. Kemudian akses dari arah barat yang juga akan ditutup seperti, Jalan Patehan Lor, Jalan Polowijan, Jalan Ngasem. Sedangkan dari selatan, simpang empat Plengkung Gading tepatnya di Jalan Gading akan ditutup arus diarahkan ke timur atau barat di Jalan MT Haryono.

“Dari Simpang empat Gerjen [Jalan Kauman] itu sudah akan ditutup, karena ada beberapa aktivitas takbiran lain juga, khususnya untuk roda empat, agar tidak semua masuk ke Alun-Alun Selatan. Kami sudah koordinasikan dengan aparat kepolisian,” kata dia.

Gema Takbir itu dijadwalkan akan dibuka oleh Wakil Walikota Jogja Heroe Poerwadi. Pelaksanaan dijadwalkan berakhir pada pukul 23.00 WIB.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya