Kategori: Leisure

Tak Usah Ragu, ini Alasan Orang Tua Harus Melatih Anak Bantu Pekerjaan Rumah


Solopos.com/Ratih Nisa Intana

Solopos.com, SOLO – Banyak orang tua ragu-ragu, untuk melatih anak untuk membantu pekerjaan rumah karena takut mengurangi waktu anak-anaknya menikmati masa kecil.

Namun, banyak juga yang mulai melatih anak-anaknya untuk membantu pekerjaan rumah sedari kecil agar terbiasa disiplin dan bertanggung jawab.

Melansir dari okezone.com, Minggu (13/9/2020), menurut ahli, melibatkan anak dalam pekerjaan rumah tangga sebenarnya adalah ide yang bagus. Bukan berarti melakukan kesalahan dengan membuat mereka membantu menyelesaikan pekerjaan rumah.

Tetap saja, hal ini harus diimbangi dengan memberi pekerjaan rumah yang ringan dan mudah untuk dikerjakan. Misalnya, dengan menyuruh anak untuk menyiram tanaman atau melipat cucian, dan hal ini juga memberikan manfaat jangka panjang dan pendek bagi anak-anak.

Orang tua juga tidak perlu khawatir dan bisa mengajarkan pekerjaan rumah yang mudah sambil bermain bersama mereka. Berikut 5 alasan agar orang tua tak ragu melibatkan anak-anak dalam pekerjaan rumah yang sederhana.

Diawali Ledakan, Pangkalan Elpiji Dan Bengkel Di Jl Sragen-Solo Ludes Terbakar

Memberi mereka rasa tanggung jawab

Memberika mereka tugas-tugas kecil sebenarnya membuat mereka bertanggung jawab. Hal ini merupakan kecakapan hidup yang penting, dan akan membantu ketika mereka dewasa. Misalnya, dengan merapikan tempat tidur atau mengisi botol air

Mengembangkan kemampuan motorik dan perencanaan

Merencanakan apa yang baik dan penting untuk dilakaukan anak-anak, dengan mempelajari keterampilan dasar. Tentunya, akan membantu mereka saat dewasa.

Mengambil bagian dalam pekerjaan rumah tangga membantu mengembangkan kebiasaan ini dan membuat otak mereka sedikit kesulitan, merupakan cara terbaik untuk menjadikan kebiasaan sambil melenturkan otot-ototnya.

Joko Widodo Masuk Tim Pemenangan Gibran-Teguh Di Pilkada Solo 2020

Mengajari rasa empati

Membantu orang lain menjadi cara terbaik untuk mengajarkan empati kepada anak-anak. Salah satunya, dengan membiarkan anak-anak membantu anggota keluarganya yang lain.

Jangan lupa, saat mereka menyelesaikan pekerjaan rumah, pastikan selalu menghargai apa yang mereka kerjakan. Dengan menggunakan frasa seperti “kerja bagus!” atau lainnya, akan mendorong mereka untuk tertarik pada karya lain dan memahami pentingnya empati.

Membantu mereka menjadi mandiri

Anak-anak perlahan tumbuh dewasa dan tidak lagi akan bergantung pada orang tua. Oleh karena itu, tidak ada salahnya melatih bertanggung jawab dan mandiri sedari kecil. Keterampilan hidup ini sangat besar manfaatnya saat mereka tumbuh dewasa. Itu akan membangun kepercayaan pada mereka untuk melakukan sesuatu sendiri daripada mengandalkan seseorang.

Share
Dipublikasikan oleh
Anik Sulistyawati