SOLOPOS.COM - Gunung Bedes. (gunung.id)

Solopos.com, PONOROGO – Mendengar kata Ponorogo, apa yang pertama kali terlintas di pikiran Anda? Sebagian orang langsung mengingat kesenian Reyog atau sate ayam. Dua hal itu memang menjadi ciri khas Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur.

Selain itu, wisata kuliner, Ponorogo juga mempunyai wisata alam berupa jajaran gunung yang menarik hati pendaki untuk dikunjungi. Berikut beberapa gunung di Ponorogo yang bisa menjadi rekomendasi bagi Anda yang ingin menikmati suasana ketinggian, namun tidak mau terlalu capek. Gunung-gunung ini tidak terlalu tinggi untuk didaki. Berikut gunung-gunung tersebut seperti dikutip dari madiunpos.com(jaringan Solopos Group):

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

1. Gunung Bedes

Gunung Bedes adalah sebuah bukit setinggi kurang lebih 200 mdpl yang berada di perbatasan Ponorogo dan Trenggalek, tepatnya di Desa Ngadirojo, Kecamatan Sooko. Nama Gunung Bedes diambil dari banyaknya bedes atau kera yang menghuni gunung ini. Jika Anda berminat melihat Ponorogo dari ketinggian dari gunung ini, siapkan kendaraan yang tangguh karena medan menuju Gunung Bedes penuh tanjakan tajam.

2. Gunung Gajah

Perbukitan Gunung Gajah. (asliponorogo.com)

Pemandangan matahari terbit dengan awan di bawah kaki ditambah siluet puncak gunung di kejauhan menjadi sensasi tersendiri ketika mendaki sebuah gunung. Salah satunya di puncak Gunung Gajah ini.

Gunung Gajah terletak di Kecamatan Sambit dengan ketinggian sekitar 1.000 mdpl. Puncaknya tak terlalu sulit dicapai. Anda bisa melalui jalan setapak yang cukup dilewati kendaraan roda dua. Namun, Anda harus hati-hati karena medannya cukup menantang.

3. Gunung Pringgitan

Puncak Pringgitan di malam hari. (seputarponorogo.com)

Ponorogo menyimpan begitu banyak gunung yang mengelilinginya. Salah satunya yaitu Gunung Pringgitan yang berlokasi di Desa Caluk, Kecamatan Slahung. Akses menuju Gunung Pringgitan dari Ponorogo bisa mengambil arah ke Pacitan. Jika sudah sampai di Pasar Slahung, Anda dapat melihat gunung ini dari kejauhan. Kemudian tanyalah kepada warga sekitar bagaimana akses menuju Gunung pringgitan.

4. Gunung Bayangkaki

Pemandangan Gunung Bayangkaki. (detik.com)

Gunung Bayangkaki berada di Desa Temon, Kecamatan Sawo, Ponorogo. Lokasi terkenal dengan cerita legenda Eyang Kalipo yang bersemedi di Gunung Bayangkaki yang memiliki empat puncak. Puncak pertama dinamakan Puncak Ijo, puncak kedua dinamakan Puncak Tuo, puncak ketiga dinamakan Puncak Tumpak, dan puncak terakhir dinamakan Puncak Gentong.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya