SOLOPOS.COM - Peserta bimbingan perkawinan (Bimwin) Kecantol Kamu berpose bersama di aula balai nikah KUA Karanganom belum lama ini. Sepanjang Mei 2023, peserta Bimwin di KUA setempat mencapai 50 pasang calon pengantin atau 100 orang. (Istimewa/KUA Karanganom)

Solopos.com, KLATEN — Tidak seperti biasanya, Kantor Urusan Agama (KUA) Karanganom, Klaten menyelenggarakan bimbingan perkawinan (Bimwin) Kecantol Kamu sebanyak tiga kali selama Mei 2023.

Program Kecantol Kamu yang dimulai sejak 2018 merupakan perpanjangan dari kelas calon pengantin online/offline Karanganom mantap dan unggul. Dalam pelaksanaannya, KUA Karanganom menggandeng puskemas, PLKB, pokja PKK, dan Polsek Karanganom.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Sepanjang Mei 2023, Program Kecantol Kamu digelar aula Balai Nikah KUA Karanganom, Rabu (10/5/2023), Rabu (17/5/2023), dan Rabu (24/5/2023). Pelaksanaan Program Kencatol Kamu berlangsung mulai pukul 07.30 WIB-12.00 WIB.

Bimwin Kecantol Kamu ini sebagai salah satu bentuk pelayanan KUA kepada masyarakat dalam rangka membentuk keluarga sakinah, mawadah, warahmah. Selain itu, sebagai salah satu upaya menurunkan angka perceraian, kematian ibu dan bayi, serta menurunkan angka stunting.

Plt. Kepala KUA Karanganom, H. Slamet, S.Ag, mengatakan calon pengantin yang menjadi peserta Bimwin Kecantol Kamu membeludak saat Mei ini. Selama bulan tersebut, terdapat tiga kali pelaksanaan Bimwin Kecantol Kamu.

“Banyaknya peristiwa nikah ditambah ada penundaan Bimwin saat April [momen puasa Ramadan dan Idulfitri] mengakibatkan pesertsa Bimwin pada Mei melebihi dari biasanya. Demikian pula karena keterbatasan sarana prasarana maka pelaksanaan Bimwin dilakukan tiga kali. Kami berharap dan berupaya semua catin yang mendaftar-menikah di KUA Karanganom mendapat pelayanan sebaik-baiknya,” kata Slamet dalam siaran pers yang diterima Solopos.com, Jumat (26/5/2023) malam.

Menurut admin pelaksanaan bimwin, Ulfa, peserta Bimwin mencapai 50 pasang calon pengantin atau 100 orang selama Mei 2023, dengan perincian Bimwin pertama 15 pasang, Bimwin kedua 20 pasang secara online, dan Bimwin ketiga 15 pasang.

“Bimbingan secara online tetap dilakukan sebagai bentuk kemudahan dari kami bagi catin yang berada di luar Klaten karena terkendala izin dari tempat kerja untuk ikut bimwin,” imbuh Ulfa.

Sebagai syiar kegiatan Bimwin, KUA Karanganom memiliki channel Youtube yang bisa diakses masyarakat. Channel Youtube itu diaktifkan mantan Kepala KUA Karanganom, H. Muslih yang purnatugas sejak Desember 2022. Diharapkan, KUA Karanganom dapat selalu bersemangat, istikamah, dan berinovasi dalam melayani masyarakat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya