SOLOPOS.COM - Facebooker Aku Cinta Kulonprogo bersihkan sampah-sampah di sepanjang Pantai Trisik, Minggu (22/6/2014). (Holy Kartika N.S/JIBI/Harian Jogja)

Harianjogja.com, KULONPROGO-Sebagian besar pantai di Kulonprogo kumuh dan tidak terawat. Banyaknya sampah berserakan hingga menimbulkan bau tidak sedap membuat pantai di sepanjang pesisir Kulonprogo tidak nyaman dikunjungi.

“Selama ini Pantai Trisik banyak sampah yang berserakan, sehingga kadang membuat tidak nyaman untuk dikunjungi,” ujar Supardal, pengunjung  Pantai Trisik, Minggu (22/6/2014).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Supardal mengatakan kian lama kondisi sekitar pantai ini makin kotor oleh berbagai jenis sampah. Tidak jarang terkadang timbul bau tidak sedap akibat sampah ikan yang membusuk, maupun bekas makanan pengunjung.

“Kalau pantainya bersih dan tidak ada sampah jadi betah untuk sering-sering dikunjungi,” imbuhnya.

Koordinator Komunitas Facebooker  Aku Cinta Kulonprogo (ACKP) Hana Sukemi menambahkan hampir sepanjang pantai di kabupaten ini belum terawat dengan baik. Menjelang Ramadan ini puluhan facebooker yang tergabung dalam komunitas tersebut melakukan aksi kerja bakti membersihkan sampah di sekitar pantai.

Nanti setelah pantai ini kami juga akan melakukan kerja bakti di Pantai Bugel, Pantai Glagah dan semua pantai di sepanjang pesisir selatan Kulonprogo ini,” imbuh Hana.

Pesisir pantai di Kulonprogo, lanjut Hana, juga merupakan salah satu aset pariwisata yang dimiliki daerah ini. Apabila pantai tampak bersih dan terawat dengan baik, maka juga dapat menarik lebih banyak lagi wisatawanh untuk berkunjung ke kabupaten Binangun ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya