SOLOPOS.COM - Ilustrasi SMAN Colomadu. (Facebook.com)

Solopos.com, KARANGANYAR — Kasus penularan Covid-19 di SMAN Colomadu bertambah satu orang. Hingga Jumat (30/4/2021), total ada tiga orang terkonfirmasi positif Covid-19 di sekolah tersebut, semuanya berstatus karyawan.

Plt. Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Karanganyar, Purwati, menyampaikan tiga orang tersebut berstatus karyawan. Dia menegaskan bahwa tidak ada guru di SMAN Colomadu yang terkonfirmasi positif Covid-19. “Tidak ada yang guru. Semua karyawan,” kata Purwati saat dihubungi Solopos.com, Jumat (30/4/2021).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Pernyataan itu berbeda dengan yang dikemukakan Camat Colomadu Eko Budi Hartoyo saat dimintai konfirmasi Solopos.com, Selasa (27/4/2021) lalu. Saat itu, dua orang terkonfirmasi positif Covid-19.

Baca Juga: Turn Back Hoax: Vaksinasi Dilayani Drive Thru?

Eko menyebut dua orang itu berstatus guru. Tetapi, Dinkes Kabupaten Karanganyar memperbarui data pada Jumat dengan menyampaikan bahwa tidak ada guru SMAN Colomadu yang terkonfirmasi positif Covid-19.

Purwati memaparkan data yang dia peroleh. Kasus di SMAN Colomadu berawal dari satu orang terkonfirmasi positif Covid-19 berdasarkan hasil tes swab antigen. Dia melakukan tes swab antigen mandiri. Satu orang itu tercatat sebagai warga Kota Solo.

17 Kontak Erat

“Lalu ada kontak erat 17 orang. Dilakukan tes swab antigen juga. Secara mandiri. Muncul hasil dua orang terkonfirmasi positif Covid-19. Satu dari Kota Solo dan satu lagi dari Karanganyar,” tutur Purwati.

Perempuan berkerudung itu menyampaikan Karanganyar melanjutkan pelacakan kontak erat terhadap satu orang warga Karanganyar yang terkonfirmasi positif Covid-19. Pelacakan kontak erat dilakukan terhadap keluarga. “Yang orang Karanganyar ini dirawat di rumah sakit. Pelacakan keluarga, hasilnya ada dua yang positif Covid-19 dari keluarga. Menjalani isolasi mandiri di rumah,” tutur dia.

Baca Juga: Turn Back Hoax: Ekstrak Nanas Obat Covid-19?

Di sisi lain, Purwati mengaku belum mendapat informasi perihal pelayanan administrasi di sekolah tersebut. Tetapi, dia memastikan sekolah itu belum melaksanakan pembelajaran tatap muka.

Dihubungi secara terpisah, Camat Colomadu, Eko Budi Hartoyo, menyampaikan sekolah ditutup sementara mulai Rabu (28/4/2021) hingga Jumat (30/4/2021). Setelah itu, Eko menuturkan akan berkoordinasi dengan Bupati Karanganyar selaku Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Karanganyar.

“Sekolahan ditutup sementara. Kalau mengacu surat ku sampai hari ini [Jumat]. Lalu kan Sabtu dan Minggu libur. Setelah itu, saya konsultasikan lagi sama Pak Bupati dulu.

KLIK dan LIKE untuk lebih banyak berita Solopos

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya