SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, CANBERRA – Seorang pria Australia menemukan batu bonghakah emas seberat 1,4 kg menggunakan alat detektor logam saat berkeliaran di ladang emas Australia Barat. Sebuah toko di Kalgoorlie berbagi foto-foto bongkahan emas yang diperkirakan nilainya mencapai Rp1 miliar.

Pemilik toko, Matt Cook, mengungkapkan penemu emas itu seorang pria yang memiliki hobi berburu emas. Temuan skala ini oleh para prospektor terjadi beberapa kali dalam setahun. Sekitar tiga perempat emas yang ditambang di Australia diproduksi di sekitar wilayah Kalgoorlie.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Cook memiliki toko yang menjual persediaan kepada para pencari emas, mengatakan pria itu mendeteksi potongan di beberapa flat garam, sekitar 45 cm di bawah permukaan.

“Dia berjalan ke toko saya dan menunjukkan kepada saya emas di tangannya dengan senyum lebar di wajah,” kata Cook kepada BBC. “[Emas] itu sedikit lebih besar dari sebungkus rokok, dan kepadatannya luar biasa, begitu berat.”

Jejak emas yang lebih kecil lebih banyak ditemukan di wilayah ini, kata Prof Sam Spearing, direktur Sekolah Pertambangan Australia Barat di Curtin University. “Banyak tambang di sekitar, banyak orang berkeliling sebagai pencari keuntungan di akhir pekan, sebagai hobi. Orang lain melakukannya penuh waktu,” kata Prof Spearing.

“Sebagian besar emas yang ditemukan berada dalam kategori kurang dari setengah ons, tetapi mereka cukup sering menemukannya.”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya