SOLOPOS.COM - IIustrasi uang tunai. (Ilustrasi/Solopos Dok)

Solopos.com, SOLO — Sejumlah orang tak tahu bahwa uang elektronik atau e-money bisa ditarik tunai dengan beberapa cara.

Solopos.com merangkum bagaimana cara tarik tunai e-money yang akhir-akhir ini jadi salah satu alat pembayaran primadona bagi semua kalangan.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Bank Indonesia melalui kanal resminya merilis inovasi pada instrumen pembayaran elektronis dengan menggunakan kartu telah berkembang menjadi bentuk yang lebih praktis.

Penggunaan e-money digandrungi banyak orang untuk belanja, membayar tol, dan lainnya.

Walaupun memuat karakteristik yang sedikit berbeda dengan instrumen pembayaran lainnya seperti kartu kredit dan kartu ATM/Debit, namun penggunaan instrumen ini tetap sama dengan kartu kredit dan kartu ATM/Debit yaitu ditujukan untuk pembayaran.

Secara sederhana, uang elektronik didefinisikan sebagai alat pembayaran dalam bentuk elektronik ketika nilai uangnya disimpan dalam media elektronik tertentu.

Penggunanya harus menyetorkan uangnya terlebih dahulu kepada penerbit dan disimpan dalam media elektronik sebelum menggunakannya untuk keperluan bertransaksi.

Ketika digunakan, nilai uang elektronik yang tersimpan dalam media elektronik akan berkurang sebesar nilai transaksi dan setelahnya dapat mengisi kembali (top-up).

Media elektronik untuk menyimpan nilai uang elektronik dapat berupa chip atau server.

Penggunaan uang elektronik ini sebagai alat pembayaran yang inovatif dan praktis diharapkan dapat membantu kelancaran pembayaran kegiatan ekonomi yang bersifat massal, cepat dan mikro.

Sehingga dalam perkembangannya dapat membantu kelancaran transaksi di jalan tol, di bidang transportasi seperti kereta api maupun angkutan umum lainnya atau transaksi di minimarket, food court, atau parkir.

Tak hanya itu, saldo dalam e-money ternyata juga bisa ditarik tunai dengan beberapa cara.  Salah satu saldo e-money yang bisa ditarik tunai dengan beberapa cara yakni milik Sinarmas. Melalui kanal resminya Banksinarmas.com, mereka menuliskan cara cepat menarik saldo e-money. 

Saldo e-money di Bank Sinarmas bisa ditarik tunai melalui Alfamart, begini prosedurnya:

1. Login aplikasi SimobiPlus, kemudian pilih tab menu “Tarik / Cash”
2. Pilih Withdraw at Merchant, pilih Alfamart
3. Masukkan nominal yang akan ditarik
4. Masukkan EasyPIN
5. Muncul kode tarik tunai di layar SimobiPlus, berlaku maksimal 5 menit
6. Berikan kode kepada petugas kasir Alfamart
7. Petugas kasir Alfamart akan memproses transaksi dan memberikan uang tunai

Kebijakan setiap bank berbeda-beda, misalnya soal cara tarik tunai e-money ini tak ada di Bank Mandiri.

Dilansir dari kanal resmi mereka, bank mandiri.co.id, jika ada pengguna yang ingin mengakhiri e-money dan meminta pengembalian saldo, bisa menggunakan cara di bawah ini untuk tarik tunai saldo yang ada.

  • Pemegang Kartu berhak untuk mengakhiri sewaktu-waktu penggunaan Mandiri e-money
  • Atas pengakhiran penggunaan Mandiri e-money, Pemegang Kartu dapat mengajukan pengembalian saldo (redemption) mandiri e-money di kantor cabang Bank Mandiri dengan mengisi dan melampirkan Formulir Permintaan dan Keluhan yang terdapat di cabang Bank Mandiri serta menyerahkan fisik Mandiri e-money
  • Saldo atau uang yang terdapat dalam Mandiri e-money akan dikembalikan oleh Bank Mandiri dengan cara transfer ke rekening yang ditunjuk oleh Pemegang Kartu atau dibayar tunai selambat-lambatnya 14 hari kerja sejak tanggal pengajuan pengembalian saldo (redemption)
  • Proses pengembalian saldo (redemption) tidak dikenakan biaya administrasi

Bank Indonesia

Sebelumnya, dilansir dari Bisnis.com, Bank Indonesia siap mengeluarkan penyempurnaan peraturan e-money yang berkaitan dengan financial inclusion.

Penyempurnaan peraturan tersebut akan memperbolehkan tarik tunai uang elektronik atau e-money dengan sejumlah cara.

Ke depannya, e-money bisa diuangkan atau tarik tunai melalui agen-agen dengan beberapa cara. Namun, BI menegaskan penggunaan e-money berbeda  dengan kartu debit yang bisa ditarik.

Pengguna kartu debit memiliki account di bank sedangkan e-money account yang dimiliki bila tak diletakkan di server, berarti di kartu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya