Tutup Iklan

Tak Segera Tempati Rusunawa Mojosongo Solo, Begini Ancaman Wali Kota

Wali Kota Solo F.X. Hadi Rudyatmo mengancam mencoret penerima rumuh susun sederhana (rusunawa) yang tidak segera menghuni jatahnya.

Tak Segera Tempati Rusunawa Mojosongo Solo, Begini Ancaman Wali Kota

SOLOPOS.COM - Wali Kota Solo, F.X. Hadi Rudyatmo, meninjau rumah susun sewa sederhana (Rusunawa) masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) di Mojosongo, Jebres, Solo, Rabu (30/1). Pemkot Solo akan menindak tegas bagi penghuni rusunawa yang menyalahi aturan. (Solopos-Nicolous Irawan)

Solopos.com, SOLO—Wali Kota Solo F.X. Hadi Rudyatmo mengancam mencoret penerima rumuh susun sederhana (rusunawa) yang tidak segera menghuni jatahnya. Hal ini dikarenakan penyerahan kunci dilakukan sejak lama, namun rumah tersebut tak kunjung dihuni.

Temuan itu didapat Rudy, sapaan akrabnya, saat meninjau Rusunawa MBR Blok B di Kampung Jantirejo, Kelurahan Mojosongo, Kecamatan Jebres, Rabu (30/1/2019).

Ia mendapati enam dari 74 unit rusunawa lima lantai yang dibangun dengan dana Kementerian Pekerjaan Umum dan Permukiman Rakyat (KemenPUPR) itu belum ditempati. “Pilihannya cuma dua, segera ditempati atau kembalikan kunci. Banyak yang sudah mengantre, biar bisa digunakan MBR [masyarakat berpenghasilan rendah] lain,” kata dia saat ditemui di sela-sela peninjauan, Rabu.

Rudy juga menegaskan larangan pemasangan air conditioner (AC) bagi penghuni rusunawa. Hal itu menurut dia, adalah kebutuhan tersier yang jauh dari gaya hidup MBR. “Pilihannya juga sama, langsung copot AC-nya atau kembalikan kunci. AC itu bukan kebutuhan. Barang mewah. Saya mendapat laporan di Rusunawa Semanggi. Langsung hari itu juga harus dilepas atau pindah dari rusunawa,” ungkap Rudy.

Kepala Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Pertanahan (Disperum KPP) Kota Solo, Heru Sunardi, mengaku bakal memanggil enam warga yang belum pindah itu pada pekan depan. Pihaknya memberi tenggat sampai lima hari sejak Senin (4/2/2019). “Lima hari enggak pindah, kunci kita tarik, kita batalkan. Penerima jatah rusunawa ini adalah warga terdampak relokasi dan penataan di Jl. Ki Hajar Dewantara, Nusukan, Ketelan, dan sebagainya. Seharusnya sudah dapat kunci itu langsung pindah,” ucap Heru.

Berita Terkait

Berita Terkini

Euro 2020 Malam Ini: Cheska Vs Inggris dan Kroasia Vs Skotlandia

Inggris dan Rep Cheska sudah pernah bertemu sebanyak empat kali sejak 1998. Hasilnya, Inggris mampu menyabet dua kemenangan, Republik Cheska satu kali menang, sementara sisanya berakhir imbang.

Sepeda Anti Jatuh dari Tiongkok, Tetap Seimbang Saat Berhenti

Seorang Vlogger asal Beijing, Tiongkok menunjukkan sebuah sepeda otonom yang mampu tetap seimbang tanpa jatuh saat dalam keadaan berhenti.

Hipertensi Komorbid Penyebab Kematian Terbanyak Pasien Covid-19

Selain menjadi komorbid penyebab kematian terbanyak pasien Covid-19, hipertensi dikenal juga sebagai silent killer.

Marak Bangunan Liar di Tepi Jalan Solo-Purwodadi, Ini Sebabnya!

Jumlah bangunan liar di tepi jalan Solo-Purwodadi, tepatnya di saluran irigasi Kedung Kancil di wilayah Doyong dan Soko, Kecamatan Miri, Sragen, terus bertambah.

Lokasi Pendidikan Anak-Anak Perusak Makam Mojo Solo Tak Berizin, Kemenag Jateng: Bubarkan!

Kemenag memastikan tempat pendidikan anak-anak pelaku perusak makam di Mojo, Pasar Kliwon, Solo, tidak berizin dan harus dibubarkan.

Nilai Transaksi Pasar Modal di Soloraya Turun, Kenapa?

Jumlah investor di Soloraya naik signifikan pada semester I tahun 2021, meski nilai transaksi turun karena kondisi pasar modal kurang bagus.

PO Ini Operasikan Bus Premium, Salah Satunya Berpusat di Palur

Bus-bus kelas premium jadi cara sejumlah PO untuk menggaet penumpang saat berpergian, salah satunya PO itu ada di Palur Karanganyar.

Pencurian Toko Ponsel di Madiun Terekam CCTV, Pelaku Kenakan Masker

Aksi pencurian terekam dalam CCTV atau kamera pengintai yang terpasang di dalam toko ponsel Majuhardware, Caruban, Kabupaten Madiun.

Nongkrong Berkerumun di Klaten, Siap-Siap Jadi Sasaran Swab Antigen

Pemkab Klaten akan melakukan tes swab antigen terhadap warga yang ketahuan nongkrong berkerumun dan melewati batas jam malam.

Fascino 125, Skutik Berfitur Hybrid dari Yamaha

Pabrikan sepeda motor Yamaha mengeluarkan sepeda motor skuter matik berfitur hybrid pada Fascino 125.

Ikut Rewangan Akikahan, 8 Keluarga di Purbayan Baki Sukoharjo Kena Covid-19

Delapan keluarga di satu perumahan di kawasan Purbayan, Baki, Sukoharjo, terpapar Covid-19 setelah ikut rewangan akikah.

Ketua GP Ansor Solo Dukung Gibran Tutup Lokasi Pendidikan Anak-Anak Pelaku Perusakan Makam

Ketua GP Ansor Solo, Arif Syarifuddin, menyayangkan aksi perusakan makam yang dilakukan oleh anak-anak seusia sekolah dasar.