SOLOPOS.COM - Toyota menyematkan panoramic roof pada produk Kijang Innova Zenix (Espos/Akhmad Ludiyanto)

Solopos.com, SOLO-Salah satu fitur yang gampang dikenali pada mobil mewah adalah jendela kaca yang berada di atap. Fitur yang dimaksud adalah sunroof atau moonroof.

Selain keduanya ada pula jendela kaca yang dikenal dengan nama panoramic roof. Sesuai dengan namanya, jenis yang satu ini tentu berfungsi agar Anda dapat melihat dan menikmati keindahan panorama alam sekitar saat berkendara.

Promosi Nusantara Open 2023: Diinisiasi Prabowo, STY Hadir dan Hadiah yang Fantastis

Meskipun Anda mengetahui pengertian dari ketiga jenis jendela kaca atap itu, mungkin ada yang tidak mengetahui perbedaan fungsi dari ketiganya. Berikut penjelasannya, seperti dikutip dari Gardaoto.

Fungsi Sunroof, Moonroof, dan Panoramic Roof

 

  1. Fungsi sunroof

Sunroof adalah tipe atau model pertama atap kaca yang diaplikasikan pada atap mobil dan dapat terbuka saat fungsinya diaktifkan. Saat dibuka sinar matahari langsung akan masuk ke dalam mobil dan sangat cocok pada kondisi yang cerah.

Secara umum fungsi dari sunroof sendiri adalah memberikan pandangan melalui atap mobil dengan jangkauan yang luas. Selain itu, fungsi lain dari sebuah sunroof adalah untuk membiarkan cahaya matahari masuk memenuhi kabin dalam mobil.

Fitur ini membantu Anda mendapatkan sirkulasi udara segar, sehingga sangat cocok digunakan di daerah yang bebas polusi udara. Selain itu Anda dapat menikmati pemandangan tanpa perlu turun dari mobil Anda.

 

  1. Fungsi moonroof

Moonroof sejatinya serupa dengan sunroof. Dari segi dimensi, moonroof serupa dengan sunroof. Yang jadi pembeda disini adalah dari sisi generasi. Jika sunroof adalah generasi pertama atap kaca, maka moonroof merupakan atap kaca yang telah di-upgrade.

Dari segi fungsi yang lain pun tidak ada perbedaan berarti antara moonroof dan juga sunroof. Fungsi lain pada moonroof yang dapat Anda nikmati di antaranya adalah mendapatkan pengalaman berkendara sembari melihat pemandangan dari atap mobil.

Selain itu, dengan membuka atap, cahaya menjadi lebih mudah masuk ke dalam mobil serta sirkulasi udara segar yang masuk ke dalam mobil menjadi lebih optimal. Anda juga dapat mengurangi atau menghilangkan bau tak sedap di dalam mobil.

 

  1. Fungsi panoramic roof

Dari segi dimensi, panoramic roof memiliki ukuran yang lebih besar dari pendahulunya. Jika sunroof dan moonroof hanya untuk penumpang di baris depan, maka panoramic roof diakomodasikan untuk seluruh penumpang mobil.

Secara fungsi, panoramic roof juga memiliki fungsi yang serupa dengan sunroof dan moonroof. Namun dari segi luas tentu panoramic roof menyajikan sensasi menikmati pemandangan luas dengan jumlah orang yang banyak.

Ada satu hal yang membedakan antara panoramic dengan sunroof dan moonroof. Jika sunroof dan moonroof dapat dibuka, maka tidak demikian dengan panoramic roof. Meskipun begitu, menikmati pemandangan dengan panoramic view tetap menghasilkan sensasi tersendiri berkat luasnya atap kaca panoramic.

 

Cara Merawat Sunroof, Moonroof, dan Panoramic Roof

Setelah Anda mengetahui fungsi dari ketiganya, kini saatnya Anda mengetahui cara merawat mobil sunroof, moonroof, dan panoramic roof secara baik dan benar, yaitu:

 

  1. Cara merawat sunroof

Cara paling mudah dalam merawat atap kaca jenis sunroof adalah dengan rutin membuka dan menutup secara rutin dalam jangka waktu sebulan. Ini agar engsel sunroof tetap licin dan tidak susah ketika Anda ingin membukanya.

Selanjutnya, bersihkan debu dan kotoran pada sela-sela penutup sunroof. Semprotkan silicon spray agar karet sekitar penutup sunroof tetap elastis meski terpapar sinar matahari. Tak lupa semprotkan cairan anti karat pada tiap sisi sunroof.

 

  1. Cara merawat moonroof

Karena bukaan moonroof biasanya berupa sliding rail, Anda dapat memusatkan perawatan pada bagian sliding rail tersebut. Bagian ini rentan macet dan serangan debu kotoran. Bersihkan secara berkala dan jangan lupa berikan pelumas.

Selain itu, usahakan untuk Anda agar selalu memilih tempat parker yang sejuk dan juga teduh. Hal ini demi meminimalisir moonroof dari paparan cahaya matahari secara langsung. Paparan cahaya matahari yang panas bisa merusak moonroof itu sendiri.



 

  1. Cara merawat panoramic roof

Merawat atap kaca jenis panoramic roof cenderung lebih mudah dibandingkan dengan merawat sunroof dan juga moonroof. Anda tidak perlu khawatir akan karat dan juga tidak perlu secara rutin mengganti karet silikon.

Namun yang perlu Anda perhatikan adalah metode pembersihan untuk atap kaca panoramic roof.

Proses pembersihan panoramic roof ini harus menggunakan cairan dan juga lap khusus agar kotoran yang sedang dibersihkan tidak menggores kaca mobil. Anda juga memerlukan pelindung atau penutup khusus agar kaca pada panoramic roof aman saat terkena paparan cahaya matahari.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya