Tak Perlu Khawatir! Pertamina Jamin Elpiji Subsidi Aman

Ketersediaan liquified petroleum gas (LPG) subsidi atau elpiji 3kg dipastikan aman hingga akhir tahun.

 Jenis BBM paling irit untuk kendaraan ada di SPBU. (Pertamina.com)

SOLOPOS.COM - Jenis BBM paling irit untuk kendaraan ada di SPBU. (Pertamina.com)

Solopos.com, SUKOHARJO —  Sales Branch Manager VII Pertamina Wilayah Yogyakarta, Ahmad Jabbar Syaifullah, mengatakan Pertamina memonitor penyaluran liquified petroleum gas (LPG) subsidi atau elpiji 3 kilogram di setiap daerah.

Koordinasi secara terus menerus dilakukan dengan Hiswana Migas untuk memantau realisasi penyaluran elpiji 3kg terutama saat peak season.

PromosiRekomendasi Merek Jeans Terbaik Pria & Wanita, Murah Banget!

Masyarakat diminta tak perlu khawatir lantaran ketersediaan elpiji 3kg dipastikan aman hingga akhir tahun. “Saat ini, Pertamina juga tengah melakukan pendataan penerima BBM subsidi, yakni Solar dan Pertalite,” kata dia.

Sementara, realisasi penyaluran elpiji 3 kilogram hingga Mei mencapai 4,6 juta metrik ton (MT) atau sekitar 41,07%. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sukoharjo bersama PT Pertamina (Persero) menjamin ketersediaan elpiji 3 kg hingga akhir tahun.

Baca Juga: PPKM Makin Longgar, Permintaan Elpiji Sukoharjo Diprediksi Melonjak

Hal itu diungkapkan Kepala Dinas Perdagangan, Koperasi dan UKM Sukoharjo, Iwan Setiyono, di sela-sela acara temu kerja pelaku distribusi elpiji di Gedung Menara Wijaya, Senin (4/7/2022).

Acara itu dihadiri perwakilan Pertamina, Himpunan Wiraswasta Nasional Minyak dan Gas Bumi (Hiswana Migas) Solo, dan ratusan agen serta pangkalan elpiji 3kg di Sukoharjo.

Menurut Iwan, kuota elpiji 3kg di Sukoharjo pada 2022 sebanyak 11 juta metrik ton (MT). Sementara realisasi penyaluran elpiji 3kg hingga Mei mencapai 4,6 juta MT atau sekitar 41,07%.

“Asumsi penyaluran elpiji hingga akhir Desember sekitar 98,42%. Artinya, ketersediaan elpiji 3kg selama enam bulan ke depan hingga akhir tahun dipastikan aman,” kata dia, Senin.

Mantan Camat Mojolaban itu menyampaikan ingin menyerap aspirasi maupun problem yang dihadapai para agen dan pangkalan dalm penyaluran elpiji 3kg.

Baca Juga: ELPIJI SUKOHARJO : ASN Beli Gas 3 Kg, Jangan Dilayani!

Saat ini, terjadi krisis energi global yang memicu kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) non subsidi termasuk elpji. Pemerintah telah menaikkan harga elpiji nonsubsidi secara bertahap.

Kondisi ini mengakibatnya migrasi konsumen yang menggunakan elpiji subsidi beralih ke elpiji 3kg. “Yang paling penting tak terjadi kelangkaan elpiji di kalangan masyarakat. Elpiji menjadi kebutuhan pokok sehari-hari masyarakat dan pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM),” papar dia.

Di Sukoharjo, ada dua Stasiun Pengisian dan Pengangkutan Bulk Elpiji (SPPBE) serta 18 agen elpiji dan 1.159 pangkalan elpiji yang tersebar di 12 kecamatan.

Penyaluran BBM dan elpiji dilakukan di lokasi-lokasi tersebut. Pemkab Sukoharjo selalu berkoordinasi dengan Pertamina apabila terjadi lojakan permintaan elpiji subsidi saat perayaan hari keagamaan atau libur panjang.

“Pada bulan puasa dan libur Lebaran, kami tidak mengajukan penambahan kuota elpiji 3kg ke Pertamina. Stok elpiji 3kg masih cukup. Begitu pula menjelang Iduladha, belum ada rencana penambahan kuota elpiji 3kg,” ungkap dia.

Baca Juga: Jangan Panik! Stok BBM & Elpiji Saat Lebaran di Sukoharjo Dijamin Aman

 

 

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Espos Plus

      Kisah Titanic of The East, Kapal Tek Sing Tenggelam di Laut Indonesia

      + PLUS Kisah Titanic of The East, Kapal Tek Sing Tenggelam di Laut Indonesia

      Kapal Tek Sing yang berjuluk Titanic of The East tenggelam pada 14 Januari 1822 di perairan Selat Gelasa atau Selat Gaspar yang memisahkan antara Pulau Bangka dan Belitung, Indonesia, yang dahulunya Hindia Belanda.

      Berita Terkini

      Jos! Petani & Peternak Klaten Bisa Jadi Penopang Kedaulatan Pangan

      Petani dan peternak di Klaten berpotensi sebagai penopang ketahanan dan kedaulatan pangan mengingat kontribusi mereka.

      Duta Genre Sukoharjo Menuju Grand Final, Ini Pesan dari Pemenang Lama

      Pemilihan Duta Genre Sukoharjo menuju babak final. Sebanyak 18 finalis yang berhasil lolos seleksi hingga babak final telah diumumkan, Sabtu (13/8/2022).

      Cuaca Tak Menentu, Petani Kedelai di Klaten Sulam Tanaman Berkali-Kali

      Petani kedelai di Klaten dibuat pusing kondisi cuaca yang tak menentu.

      Tiap Hari Wong Sragen Beli 57 Kendaraan Bermotor Anyar

      Pembelian kendaraan baru oleh warga Sragen pada 2021 mencapai 1.702 unit per bulan atau 56-57 unit per hari.

      Desa Ibunda Jokowi di Boyolali Absen jadi Percontohan IF, Kenapa?

      Desa masa kecil ibunda Presiden RI, Joko Widodo, yakni Desa Giriroto, Kecamatan Ngemplak, Boyolali menjadi daerah percontohan program unggulan kementerian pertanian dengan nama Integrated Farming (IF) pada 2021.

      Sewindu FSRD UNS Solo, Ada Pameran Internasional hingga Kompetisi Lho

      FSRD UNS Solo memperingati Dies Natalis kedelapan atau sewindu dengan berbagai kegiatan mulai dari pameran internasional hingga kompetisi seni.

      Sampah Berserakan Seusai Karnaval Karanganyar, Pramuli Jadi Solusi

      Sampah berserakan setelah Karnaval Jalan Kaki Pemkab Karanganyar usai. Beruntung ada Pramuka Peduli (Pramuli) Karanganyar dan sukarelawan lain yang mau terjun turun tangan memungut sampah-sampah yang berserakan.

      Pemanfaatan Aset BUMDes Girimarto, Kejari: Tak Perlu Tunggu Putusan

      Pemanfaatan aset Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Bersama Lenggar Bujo Giri tidak perlu menunggu putusan pengadilan.

      Sukoharjo Gudangnya Tanaman Obat dan Kosmetik, Ini Daftar Lokasinya

      Penanaman biofarmaka di Sukoharjo tersebar di 12 kecamatan. Daerah Sukoharjo Selatan  seperti Nguter, Tawangsari, Bulu dan Bendosari menjadi lokasi persebaran terbanyak tanaman biofarmaka.

      Kuasa Hukum Ahli Waris: Silakan Bersih-Bersih Sriwedari Solo, Tapi...

      Kuasa hukum ahli waris tanah Sriwedari, Solo, mempersilakan Pemkot melakukan bersih-bersih kawasan tanah sengketa itu, tapi juga mengingatkan ihwal putusan pengadilan.

      Walah, Proyek Rel Layang Joglo Solo Munculkan Lokasi Kemacetan Baru

      Pengerjaan tahap II proyek rel layang memunculkan lokasi kemacetan baru di Simpang Tujuh Joglo, Banjarsari, Solo.

      Penjual Jamu di Nguter Sukoharjo Bungah Banget, Ini Penyebabnya

      Bahan baku jamu tradisional di Sukoharjo terbilang mencukupi  meskipun beberapa diambilkan dari daerah lain. Oleh karena itu, penjual bahan baku jamu tidak perlu mengimpor untuk mencukupi kebutuhan penjualan.

      Ada Fashion Show Batik Ciprat Karya Disabilitas di Karnaval Wonogiri

      Batik ciprat buatan penyandang disabilitas asal Desa Pucung, Kecamatan Kismantoro, Kabupaten Wonogiri, turut ditampilkan saat karnaval kebangsaan di Kecamatan Kismantoro, Kamis (18/8/2022).

      Soto Budhe Djiman Boyolali, 31 Tahun Gratis untuk Anak Yatim Piatu

      Pasangan suami istri pemilik Warung Soto Budhe Djiman, Jiman, dan Sri Arbaini, selalu menggratiskan makan dan minum bagi anak yatim, piatu, dan yatim piatu sejak tahun 1991.

      Pengusutan Jual Beli Lahan Bong Mojo Solo Lanjut, Ada Tersangka Lain?

      Meski sudah menetapkan dua tersangka, penyidik Polresta Solo memastikan penyidikan kasus jual beli lahan makam Bong Mojo masih terus berlanjut.

      Soal Sriwedari Solo, Gibran Disarankan Konsultasi ke Kementerian Ini

      Pemkot Solo disarankan untuk berkonsultasi ke pemerintah pusat sebelum melakukan upaya penataan di lahan kawasan Sriwedari.