SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Semarangpos.com, SEMARANG — Fasilitas pelayanan kesehatan mata bertaraf internasional bakal segera hadir di Kota Semarang, Jawa Tengah (Jateng). Kepastian itu menyusul akan dibangunnya Rumah Sakit (RS) Mata Jakarta Eye Center (JEC)-Candi @Semarang di Jl. Pamularsih No. 112, Semarang.

Pembangunan rumah sakit yang berada di lahan seluas 3.000 meter persegi itu bahkan telah dimulai Sabtu (19/1/2019). Pembangunan ditandai dengan acara seremonial berupa groundbreaking yang dihadiri jajaran direksi RS Mata JEC dan pejabat sekitar.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Direktur Pengembangan dan Pendidikan RS JEC Mata dan Klinik, Prof. Dr. Tjahjono D. Gondhowiardjo, berharap hadirnya RS mata di Semarang ini bisa membantu pemerintah dalam menurunkan angka kebutaan di Indonesia, khususnya di Jateng.

Data Persatuan Dokter Spesialis Mata Indonesia (Perdami) menyebutkan saat ini ada sekitar 1 juta orang di Indonesia yang buta akibat katarak. Berdasarkan Rapid Assesment of Avoidable Blindness (RAAB) rata-rata angka kebutaan di Indonesia mencapai 3% untuk penduduk di atas usia 50 tahun. Dari jumlah sebanyak itu, sekitar 2,5% berada di wilayah Jateng.

“Kami harap RS Mata JEC di Semarang bisa membantu masyarakat dalam memahami pentingnya menjaga kesehatan mata. Masyarakat Jateng enggak perlu pergi ke Jakarta atau bahkan Singapura untuk memeriksakan kesehatan matanya, karena di Semarang sudah ada rumah sakit yang memiliki pelayanan dan teknologi berstandar internasional,” ujar Tjahjono saat sesi jumpa pers.

Sementara itu, Direktur PT. JEC Candi Sejahtera (JCS), Dr. dr. Fifin Luthfia Rahmi, menyebutkan RS Mata JEC-Candi @Semarang yang dibangun dalam tujuh lantai itu diproyeksikan mampu menampung sekitar 100.000 pasien. Selain fasilitas untuk pemeriksaan dan konsultasi pasien yang nyaman, rumah sakit ini juga menyediakan fasilitas edukasi, ruang operasi, rawat inap, serta fasilitas optik dan farmasi.

”Kehadiran RS Mata JEC di Semarang diharapkan menjadi one-stop-solution bagi masyarakat di Jateng dan sekitarnya untuk mendapat layanan kesehatan secara keseluruhan. Kami memberikan sarana dari yang standar sampai yang tercanggih,” kata Fifin.

Sedangkan Direktur Pemasaran RS Mata JEC-Candi @Semarang, Dr. dr. Trilaksana Nugroho, mengatakan nantinya rumah sakit di Semarang itu akan memiliki fasilitas yang sama lengkapnya dengan RS Mata JEC lainnya di Jakarta. Berbagai pelayanan kesehatan mata, seperti operasi katarak, transplantasi kornea, pasien glaucoma, hingga pemasangan kontak lensa akan dilayani di rumah sakit tersebut.

“Kita juga akan melayani pasien yang menggunakan kartu BPJS, sesuai dengan aturan pemerintah. Harapan kami rumah sakit ini bisa memudahkan masyarakat Jateng dan sekitarnya dalam mendapatkan akses kesehatan mata yang lengkap dan terpadu,” jelas Trilaksana.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya