Tak Perlu Diragukan, Riset SBBI Solopos Terjamin

Solopos Media Group memilih memberikan penghargaan kepada pemegang merek yang berbasis pada riset sejak 2001.

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, SOLO—Solopos Media Group memilih memberikan penghargaan kepada pemegang merek yang berbasis pada riset sejak 2001. Basis riset digunakan karena cara ini yang paling bisa dipercaya dibanding pertimbangan lain. Dengan hasil riset artinya penghargaan didasarkan data hasil penelitian lapangan.

Koordinator Tim Riset Solo Best Brand and Innovation (SBBI) 2021, Sholahuddin, mengatakan dengan basis data tidak ada unsur subjektivitas dalam memilih merek yang layak diberi penghargaan.

“Kali pertama Solopos Media Group memberikan penghargaan dalam bentuk Solo Customer Satisfaction Index [SCSI]. SCSI merupakan penghargaan kepada merek yang paling memuaskan konsumen di Soloraya.

SCSI adalah penghargaan berdasarkan customer satisfcaction atau kepuasan pelanggan. Solopos menggandeng lembaga riset independen untuk melakukan riset ini. Pada beberapa tahun terakhir riset pasar dilakukan secara mandiri oleh Solopos melalui tim Solo Research,” ujar dia, kepada Solopos.com, Minggu (1/8/2021).

Baca Juga: Beri Selamat Greysia/Apriyani, Jokowi: Emas Olimpiade Tokyo 2020 Kado Ulang Tahun Kemerdekaan Indonesia

Selanjutnya, pada 2007 Solopos mengubah brand penghargaan dari SCSI menjadi Solo Best Brand Index (SBBI). Berbeda SCSI, SBBI merupakan riset berdasarkan kekuatan merek (brand equity).

Perubahan basis riset ini karena merek menjadi kekuatan strategis dalam pemasaran sehingga dinamika merek sangat penting untuk terus diamati setiap tahun. Riset berbasis merek ini yang dipertahankan hingga 2021 ini.

Selain basis data yang menjadi dasar penghargaan, Solopos juga menjamin proses riset dilakukan sesuai kaidah pemasaran riset yang baik dan benar, baik pada saat menyusun instrumen penelitian, pengambilan data ke responden, dan ketika menganalisis data hingga penyajian hasil riset.

Baca Juga: Awal Pekan, Cek Dulu Harga Emas Pegadaian Hari Ini, Senin 2 Agustus 2021

Dengan standar tersebut, hasil riset SBBI bisa dipertanggungjawabkan secara objektif sehingga bisa menjadi barometer pasar di Solo dan sekitarnya.

“Bagi Solopos, integritas penyelenggaraan riset SBBI adalah segala-galanya. Ini yang menyebabkan penghargaan berbasis riset bisa bertahan hingga 21 tahun tanpa berhenti ,” imbuh dia.

Selain itu, riset SBBI mengunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik pengambilan sampel secara purposive atau pengambilan data dengan menetapkan kriteria tertentu agar bisa menjadi sampel.

Data diambil dengan wawancara secara tatap muka dengan menggunakan kuesioner terstruktur. Sebelum wawancara dengan responden, tim enumerator dilatih agar bisa mengambil data secara benar. Kerja enumerator dipantau tim quality control (QC). Tim QC secara acak akan menghubungi responden untuk memastikan mereka benar-benar diwawancara enumerator. Hal ini menjadi bagian dari cara agar pengambilan data dilakukan dengan baik.

Baca Juga: Ganjar Instruksikan Bupati Pemalang Perbaiki Jalan Rusak

Pemegang Merek Percaya

Di samping itu, kepercayaan pemegang merek kepada SBBI ini bisa dibaca dari riset hasil riset evaluasi baik untuk evaluasi riset maupun evaluasi penghargaan SBBI. Hasil riset selalu menunjukkan mayoritas pemegang merek percaya dengan hasil riset SBBI.

Dalam hal ini, riset SBBI (Solo Best Brand and Innovation) 2021 melibatkan lebih dari 10.000 sampel untuk meneliti 50 produk. Sampel diambil di Kota Solo dan daerah sekitarnya, seperti Kartasura, Colomadu, Solo Baru, dan Palur pada Februari-April 2021. Dengan jumlah sampel tersebut riset SBBI bisa mewakili perilaku pasar di Kota Solo dan sekitarnya.

Data ini bisa memberi informasi kepada para pelaku usaha untuk menentukan strategi pemasaran yang tepat untuk memenangi persaingan mengambil hati konsumen.

Tahun 2021 ini SBBI membuat tiga jenis riset pasar, masing-masing riset 44 produk untuk mencari merek terbaik (best brand), empat kategori untuk merek bergengsi (prestigious brand) serta dua kategori untuk riset inovasi merek (innovation brand).

Total 50 produk yang disurvei. Selain tiga penghargaan tersebut di atas, tahun ini Solopos Group juga memberikan penghargaan Solopos Digital Award 2021 untuk government (pemerintah), khususnya pemerintah daerah.

Sesuai namanya, penghargaan ini berdasarkan data-data hasil jejak digital di dunia maya. Penghargaan ini sebagai bentuk inovasi untuk memperkaya penghargaan yang dilakukan oleh Solopos Group. “Dari tahun ke tahun hasilnya konsisten. Mereka percaya hasil SBBI,” jelas dia.

Berita Terkait

Espos Premium

Pebisnis Besar Berebut Kue Lezat Bisnis Pusat Data

Pebisnis Besar Berebut Kue Lezat Bisnis Pusat Data

Ekosistem digital tengah merebak di Indonesia seiring penetrasi Internet yang semakin meluas sehingga kebutuhan penyimpanan data semakin tinggi. Selama ini data penduduk Indonesia berada di luar negeri sehingga penarikan informasi memakan waktu dan jarak yang jauh.

Berita Terkini

DSC 12 Sinau Bareng Cak Nun dan Kiai Kanjeng

Diplomat Success Challenge atau DSC 12 punya cara unik untuk menggugah masyarakat untuk terlibat dalam kompetisi tahunan ini.

Jika Bukan Listrik, Bahan Bakar Nabati Bisa Jadi Alternatif untuk Kendaraan Berat

Untuk mencapai emisi rendah karbon di sektor transportasi, bahan bakar nabati (BBN) dan hidrogen dinilai mempunyai peran sebagai alternatif yang bisa digunakan untuk kendaraan berat.

Ingin Bebas Finansial Personal? Simak 9 Tips Mewujudkannya

Memiliki kebebasan finansial adalah tujuan bagi banyak orang. Umumnya, kebebasan finansial dipahami sebagai individu yang mampu menjalani gaya hidup sambil mengelola keuangan.

Ini yang Dilakukan PLN untuk Memudahkan Pelanggan selama Pandemi

PLN telah mengembangkan berbagai inovasi untuk mendekatkan jarak dengan pelanggan, salah satunya dengan aplikasi PLN Mobile.

Kian Terjangkau, Tarif Tes Antigen di Stasiun jadi Rp45.000

PT Kereta Api Indonesia menerapkan tarif baru untuk layanan rapid tes antigen di stasiun dari sebelumnya Rp85.000 menjadi Rp45.000 untuk setiap pemeriksaan.

Pebisnis Besar Berebut Kue Lezat Bisnis Pusat Data

Ekosistem digital tengah merebak di Indonesia seiring penetrasi Internet yang semakin meluas sehingga kebutuhan penyimpanan data semakin tinggi. Selama ini data penduduk Indonesia berada di luar negeri sehingga penarikan informasi memakan waktu dan jarak yang jauh.

Kembangkan Potensi Diri, Telkomsel Gelar Webinar untuk Guru dan Pelajar

Telkomsel Area Jawa Bali menggelar webinar bertemakan Asyik Bersama Digital Maksimal dengan Merdeka Belajar.

Perjalanan KA Argo Lawu dan KA Argo Dwipangga Lebih Cepat 1 Jam

PT Kereta Api Indonesia (KAI) melakukan percepatan waktu tempuh pada perjalanan sejumlah KA jarak jauh.

Kabar Baik untuk Army, Kopi Kenangan Hadirkan Merchandise BTS x Built NY

BTS x Built NY Project menggandeng Kopi Kenangan menjadi distributor resmi dan pertama di Indonesia dan Asia Tenggara.

Sharp Dukung PMI dan Rumah Sakit Terapkan Informasi Berbasis Digital

Sharp menyerahkan bantuan 13 LED TV 42 inch kepada PMI Kota Solo di Markas PMI untuk menampilkan informasi stok darah dalam waktu nyata.

Kunjungi Solo, Menko Airlangga Beri Dukungan untuk UMKM Rumahan

Menko Airlangga Hartarto mengunjungi salah satu kelompok pemberdayaan masyarakat yakni UMKM Usaha di Kota Solo untuk program dukungan UMKM.

Solopos Virtual Talkshow: Siap dengan Perubahan, Tiki Kian Banyak Beri Layanan Digital

Tiki juga memberikan layanan jemput online (Jempol), di mana Tiki akan menjemput barang ke rumah dan kemudian mengantarkannya ke tempat tujuan.

Turun Banyak Sis! Ini Harga Emas 24 Karat Antam Hari Ini, Jumat 24 September 2021

Harga emas batangan 24 karat PT Aneka Tambang Tbk., Jumat (24/9/2021) terpantau turun dibandingkan harga kemarin.

Harga BBM di Indonesia Paling Murah Se-Asia Tenggara? Cek Perbandingannya

Harga jual eceren bahan bakar minyak di Indonesia disebut masih lebih murah jika dibandingkan kebnyakan negara-negara tetangga yang berada di kawasan Asia Tenggara.

Matahari Kota Bogor Resmi Tutup Operasional, Ini Penjelasan Manajemen

PT Matahari Department Store Tbk (LPPF) menutup atau menghentikan operasional salah satu gerainya yang berlokasi di Kota Bogor, Jawa Barat.

Yuk Buka Tabungan Secara Digital Melalui OCTO Savers CIMB Niaga

PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga) terus mengakselerasi kapabilitas fitur dan layanan aplikasi digital banking OCTO Mobile untuk kemudahan nasabah.