Tak Perlu Diragukan, Riset SBBI Solopos Terjamin

Solopos Media Group memilih memberikan penghargaan kepada pemegang merek yang berbasis pada riset sejak 2001.

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, SOLO—Solopos Media Group memilih memberikan penghargaan kepada pemegang merek yang berbasis pada riset sejak 2001. Basis riset digunakan karena cara ini yang paling bisa dipercaya dibanding pertimbangan lain. Dengan hasil riset artinya penghargaan didasarkan data hasil penelitian lapangan.

Koordinator Tim Riset Solo Best Brand and Innovation (SBBI) 2021, Sholahuddin, mengatakan dengan basis data tidak ada unsur subjektivitas dalam memilih merek yang layak diberi penghargaan.

“Kali pertama Solopos Media Group memberikan penghargaan dalam bentuk Solo Customer Satisfaction Index [SCSI]. SCSI merupakan penghargaan kepada merek yang paling memuaskan konsumen di Soloraya.

SCSI adalah penghargaan berdasarkan customer satisfcaction atau kepuasan pelanggan. Solopos menggandeng lembaga riset independen untuk melakukan riset ini. Pada beberapa tahun terakhir riset pasar dilakukan secara mandiri oleh Solopos melalui tim Solo Research,” ujar dia, kepada Solopos.com, Minggu (1/8/2021).

Baca Juga: Beri Selamat Greysia/Apriyani, Jokowi: Emas Olimpiade Tokyo 2020 Kado Ulang Tahun Kemerdekaan Indonesia

Selanjutnya, pada 2007 Solopos mengubah brand penghargaan dari SCSI menjadi Solo Best Brand Index (SBBI). Berbeda SCSI, SBBI merupakan riset berdasarkan kekuatan merek (brand equity).

Perubahan basis riset ini karena merek menjadi kekuatan strategis dalam pemasaran sehingga dinamika merek sangat penting untuk terus diamati setiap tahun. Riset berbasis merek ini yang dipertahankan hingga 2021 ini.

Selain basis data yang menjadi dasar penghargaan, Solopos juga menjamin proses riset dilakukan sesuai kaidah pemasaran riset yang baik dan benar, baik pada saat menyusun instrumen penelitian, pengambilan data ke responden, dan ketika menganalisis data hingga penyajian hasil riset.

Baca Juga: Awal Pekan, Cek Dulu Harga Emas Pegadaian Hari Ini, Senin 2 Agustus 2021

Dengan standar tersebut, hasil riset SBBI bisa dipertanggungjawabkan secara objektif sehingga bisa menjadi barometer pasar di Solo dan sekitarnya.

“Bagi Solopos, integritas penyelenggaraan riset SBBI adalah segala-galanya. Ini yang menyebabkan penghargaan berbasis riset bisa bertahan hingga 21 tahun tanpa berhenti ,” imbuh dia.

Selain itu, riset SBBI mengunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik pengambilan sampel secara purposive atau pengambilan data dengan menetapkan kriteria tertentu agar bisa menjadi sampel.

Data diambil dengan wawancara secara tatap muka dengan menggunakan kuesioner terstruktur. Sebelum wawancara dengan responden, tim enumerator dilatih agar bisa mengambil data secara benar. Kerja enumerator dipantau tim quality control (QC). Tim QC secara acak akan menghubungi responden untuk memastikan mereka benar-benar diwawancara enumerator. Hal ini menjadi bagian dari cara agar pengambilan data dilakukan dengan baik.

Baca Juga: Ganjar Instruksikan Bupati Pemalang Perbaiki Jalan Rusak

Pemegang Merek Percaya

Di samping itu, kepercayaan pemegang merek kepada SBBI ini bisa dibaca dari riset hasil riset evaluasi baik untuk evaluasi riset maupun evaluasi penghargaan SBBI. Hasil riset selalu menunjukkan mayoritas pemegang merek percaya dengan hasil riset SBBI.

Dalam hal ini, riset SBBI (Solo Best Brand and Innovation) 2021 melibatkan lebih dari 10.000 sampel untuk meneliti 50 produk. Sampel diambil di Kota Solo dan daerah sekitarnya, seperti Kartasura, Colomadu, Solo Baru, dan Palur pada Februari-April 2021. Dengan jumlah sampel tersebut riset SBBI bisa mewakili perilaku pasar di Kota Solo dan sekitarnya.

Data ini bisa memberi informasi kepada para pelaku usaha untuk menentukan strategi pemasaran yang tepat untuk memenangi persaingan mengambil hati konsumen.

Tahun 2021 ini SBBI membuat tiga jenis riset pasar, masing-masing riset 44 produk untuk mencari merek terbaik (best brand), empat kategori untuk merek bergengsi (prestigious brand) serta dua kategori untuk riset inovasi merek (innovation brand).

Total 50 produk yang disurvei. Selain tiga penghargaan tersebut di atas, tahun ini Solopos Group juga memberikan penghargaan Solopos Digital Award 2021 untuk government (pemerintah), khususnya pemerintah daerah.

Sesuai namanya, penghargaan ini berdasarkan data-data hasil jejak digital di dunia maya. Penghargaan ini sebagai bentuk inovasi untuk memperkaya penghargaan yang dilakukan oleh Solopos Group. “Dari tahun ke tahun hasilnya konsisten. Mereka percaya hasil SBBI,” jelas dia.

Berita Terkait

Berita Terkini

Larangan Display Rokok, Peritel Cemas Bisnis akan Makin Sulit

Seruan Gubernur DKI Jakarta tentang Pembinaan Kawasan Dilarang Rokok dinilai makin menambah tekanan bagi Industri Hasil Tembakau (IHT) dan juga industri ritel secara umum.

Rezeki Nomplok, Nasabah BRI Unit Pabelan Raih Honda Mobilio dari Undian Simpedes

BRI Kantor Cabang (KC) Solo Kartasura kembali menggelar Panen Hadiah Simpedes Periode I Tahun 2021 atau program 1 Maret 2021 sampai 31 Agustus 2021.

Belum Gajian? Yuk, Simak Enam Promo Tanggal Tua dari ShopeePay!

ShopeePay bulan ini kembali menghadirkan promo tanggal tua dalam kampanye ShopeePay Day yang berlangsung 22-24 September dan Shopee Mantul Sale pada 25-27 September.

BI Sebut Transaksi Uang Elektronik per Agustus 2021 Tembus Rp24,8 Triliun

Nilai transaksi uang elektronik mencatatkan peningkatan sebesar 43,66 persen secara tahunan atau year-on-year (YoY) menjadi Rp24,8 triliun.

3 Tips Memilih Obat Batuk Pilek untuk Dewasa

Mulai dari flu ringan hingga gangguan kesehatan berat seperti bronkitis atau bahkan Covid-19 ditandai dengan batuk sebagai salah satu gejalanya.

Pemkot Jogja Maksimalkan Penjualan Bibit Tanaman secara Online

Pemkot Jogja melalui Dinas Pertanian dan Pangan (DPP) Kota Jogja membuat Layanan Belanja Online dan Digitalisasi Katalog atau Labelin Dika.

Junjung Tinggi Kesetaraan Gender, Prodia Raih Predikat Gold pada SDGs Awards 2021

Prodia meraih predikat Gold dalam kategori Partisipasi dan Kesempatan bagi Perempuan untuk Memimpin Perusahaan pada ajang Indonesia Sustainable Development Goals (SDGs) Awards 2021.

Punya Plafon Hingga Rp500 Juta, Ini Syarat dan Cara Pengajuan KUR Bank Jateng

Bank Jateng menyalurkan KUR untuk pelaku usaha mikro dan kecil dengan plafon maksimal Rp500 Juta.

Pemprov dan Bank Jateng Gelar UKM Virtual Expo 2021

Pemprov Jateng bersama Bank Jateng sebagai sponsor utama menggelar UKM Virtual Expo (UVO) 2021 18-21 September 2021 di Co Working Space Bank Jateng.

Naik Lagi? Cek Harga Emas Pegadaian Hari Ini, Rabu 22 September 2021

Harga emas batangan 24 karat cetakan Antam dan UBS yang dijual di Pegadaian pada hari ini, Rabu (22/9/2021) terpantau naik dibandingkan dengan harga kemarin.

PPKM Diperpanjang Lagi, Simak Syarat Pelaku Perjalanan di Dalam Negeri

Untuk kedatangan dari Luar Jawa Bali/ Keberangkatan dari Jawa Bali ke Luar Jawa Bali membutuhkan syarat adanya kartu vaksin minimum dosis 1.

Sosok Irene Nikkein, Perempuan Indonesia Jadi Direktur Rolls-Royce Asia-Pasifik

Produsen mobil mewah Rolls-Royce Motor Car mengumumkan telah menunjuk Irene Nikkein sebagai Direktur Regional Rolls-Royce untuk wilayah Asia-Pasifik,

Pemerintah Izinkan Anak 12 Tahun Masuk Mal, Ini Pesan Ganjar kepada Orang Tua

Pemerintah melakukan penyesuaian aktivitas masyarakat dalam PPKM terbaru mulai 21 September-4 Oktober 2021.

BI Solo Salurkan Bantuan 2.000 Sembako dan Vitamin

Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) Solo kembali memberikan bantuan sebagai bentuk kepedulian terhadap masyarakat yang terdampak pandemi Covid-19.

Ingin Sukses Investasi Saham? Ini Pesan Investor Ulung Lo Kheng Hong

Investor kawakan Indonesia Lo Kheng Hong menceritakan tips dan strategi yang dilakukan perihal investasi saham.