Tak Perlu Antre Lama Berdesakan, Pendaftaran Bantuan Modal UMKM Wonogiri Kelar Dalam Semenit
Petugas (kanan) menerima penyerahan berkas persyaratan dari pemohon yang mengakses program bantuan modal usaha di Kantor Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah Perindustrian dan Perdagangan atau KUKM Perindag Wonogiri, Jumat (14/8/2020). (Solopos/Rudi Hartono)

Solopos.com, WONOGIRI — Pelaku usaha mikro kecil dan menangah atau UMKM di Wonogiri tak perlu antre lama sampai berjubelan seperti di daerah lain demi mendaftar sebagai penerima bantuan modal dari pemerintah.

Rata-rata pendaftaran dan penyerahan berkas mereka dilayani dalam waktu kurang dari semenit. Seperti yang dialmi Agung dan Bambang.

Sambil membawa map, Agung dan Bambang mendatangi Ruang Bidang Koperasi Usaha Kecil Menengah kompleks Kantor Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah Perindustrian dan Perdagangan atau KUKM Perindag Wonogiri, Jumat (14/8/2020).

Naik Gunung Lawu Via Candi Ceto, Pendaki Mesti Daftar Dulu Dan Dapat Nomor Antrean

Sakir, salah satu pegawai penerima pendaftaran bantuan modal UMKM Wonogiri, menyambut kedatangan mereka di muka ruangan. Kepada Sakir, pemuda asal Selogiri dan Nguntoronadi itu menyatakan ingin menyerahkan kelengkapan berkas persyaratan pengajuan bantuan modal usaha ultramikro dan mikro.

Saat itu juga Sakir mengecek berkas yang mereka bawa. Sakir melihat ada dua berkas milik masing-masing pemuda itu, yakni surat keterangan usaha dari desa/kelurahan dan surat pernyataan. Berkas dinyatakan lengkap.

Berkas Lengkap

Agung dan Bambang seketika pamit pulang, sedangkan Sakir membawa berkas itu ke dalam ruangan untuk diserahkan petugas penginput data. Pelayanan terhadap dua pemohon itu berlangsung kilat, kurang dari semenit.

Suara Dentuman Gegerkan Warga Sragen, Ternyata Ini Sumbernya!

Pada saat bersamaan pemohon bantuan modal UMKM lain datang Kantor Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah Perindustrian dan Perdagangan atau KUKM Perindag Wonogiri. Mereka dilayani petugas lain yang sudah siap di muka ruangan, ada pula yang dilayani petugas di dalam ruangan.

Apabila pemohon sudah membawa berkas yang lengkap, pelayanan berlangsung kurang dari semenit. Pemohon yang datang hanya menyerahkan dua berkas, yakni surat keterangan usaha dari desa/kelurahan dan surat pernyataan.

Setelah dicek lengkap, proses selesai. Hanya itu, tidak lebih. Apabila berkas yang dibawa pemohon belum lengkap, seperti belum membuat surat pernyataan, petugas memberi formulir surat pernyataan kepada pemohon.

Pedagang Asal Sragen Positif Covid-19 Sepulang Dari Lampung

Pemohon bantuan modal UMKM Wonogiri tinggal mengisinya dengan tulisan tangan, menempelkan materai Rp6.000 dan menandatanganinya. Proses itu hanya memakan waktu lebih kurang lima menit, jika pemohon sudah menyiapkan materai.

Tak heran, tak ada antrean panjang, parkir kendaraan pun tak bejubel meski halaman Kantor Dinas KUKM Perindag tak luas. Di dalam ruangan terdapat enam pegawai, satu pegawai pengecek berkas dan lima petugas penginput data.

Dibagi Per Distrik

Input data dibagi berdasar distrik, yakni distrik Baturetno, Jatisrono, Purwantoro, Wuryantoro, dan Wonogiri. Dengan begitu proses input data bisa lebih cepat.

Wah, Di Solo Ternyata Ada Komunitas Susi Lovers Lo… Kenalan Yuk!

Sakir yang merupakan Kepala Seksi Pemberdayaan Bidang KUKM, mengatakan proses pendaftaran pemohon bantuan modal UMKM Wonogiri secara tatap muka hanya untuk penyerahan berkas. Sebelumnya pemohon sudah mendaftar secara daring melalui lima pranala (link) yang ditetapkan berdasar distrik.

Pada proses pendaftaran ini Dinas KUKM Perindag membuka layanan konsultasi di dua nomor telepon. Pemohon bisa bertanya melalui aplikasi perpesanan Whatsapp atau telepon. Dua nomor itu milik Sakir, yakni 081329970336 dan milik atasannya, Dwi Sudarsono, Kepala Bidang KUKM, 081329252934.

“Masyarakat yang tanya soal apa pun seputar program bantuan modal usaha ini bisa menghubungi nomor itu. Dengan begini masyarakat bisa tahu apa yang perlu dilakukan saat mendaftar online dan yang perlu diserahkan kepada kami. Alhamdulillah dengan mekanisme seperti ini tidak terjadi antrean,” ucap Sakir.

KAI Tambah Operasional KA Jarak Jauh, Ini Jadwalnya Dari Solo

Pendaftaran online dan tatap muka untuk pemohon bantuan modal UMKM Wonogiri dibuka tanggal 10-28 Agustus. Hingga Kamis (13/8/2020) pemohon yang mendaftar secara daring lebih dari 3.000 orang. Sementar, pemohon yang sudah menyerahkan berkas lebih dari 1.000 orang.

Direncanakan Dengan Matang

Dua pemohon, Agung dan Bambang, tak menyangka pelayanan tatap muka di Kantor Dinas KUKM Perindag Wonogiri sangat cepat. Sebelum ke kantor dinas mereka membayangkan bakal antre panjang seperti yang terjadi di daerah lain.

4 Kecamatan di Sragen Diterjang Puting Beliung, Pohon Bertumbangan

Menurut kedua pelaku usaha sablon tersebut proses bisa cepat karena mekanismenya sudah direncanakan dengan matang, seperti dengan menyiapkan pranala untuk pendaftaran daring. “Salut, bisa cepat begini prosesnya,” kata Agung.

Seperti diketahui, Pemkab Wonogiri menargetkan 20.000 usaha ultramikro dan mikro dapat mengakses program bantuan modal usaha dari Kementerian KUKM. Setiap pemilik usaha yang dinyatakan memenuhi syarat bakal mendapat bantuan Rp2,4 juta.



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya




Kolom