SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

SOLO—Tim seleksi penjaringan Direksi Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kota Solo menerima 26 berkas lamaran dalam proses rekrutmen jajaran Direksi PDAM setempat, yang mulai dibuka Senin (12/9) lalu. Tercatat hanya ada tiga pelamar yang tidak lolos tahap seleksi administrasi awal.

Penjelasan itu disampaikan Kepala Bagian (Kabag) Administrasi Perekonomian Sekretariat Daerah (Setda) Kota Solo, Asih Widodo, selaku pembina Perusda.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Dari 26 berkas lamaran yang masuk, setelah diseleksi secara administrasi, hanya tiga orang yang tidak memenuhi persyaratan sehingga ketiga orang itu dinyatakan tidak lolos. Hasil seleksi administrasi awal tersebut sudah kami umumkan secara terbuka, baik di Balaikota, Kantor PDAM, maupun website Pemkot Solo,” ujar Asih ketika ditemui wartawan di sela-sela mider praja Pemkot Solo di Kelurahan Kadipiro, Banjarsari, Jumat (23/9).

Ekspedisi Mudik 2024

Asih menjelaskan, tiga pelamar yang tidak lolos tersebut rata-rata belum memiliki masa kerja yang mencukupi sebagaimana yang menjadi persyaratan. Meskipun lowongan direksi PDAM tersebut terbuka untuk umum. Serangkaian seleksi yang akan diadakan tersebut untuk mengisi tiga jabatan Direksi PDAM, yaitu direktur utama, direktur teknis dan direktur umum. Mengacu pada Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendageri) No 2/2007 tentang Organisasi dan Kepegawaian Perusahaan Air Minum, beberapa persyaratan calon direktur tersebut di antaranya harus lulus uji kepatutan oleh tim ahli yang ditunjuk kepala daerah, serta berpengalaman di bidang pengelolaan air minum selama 10 tahun.

Lebih lanjut Asih mengatakan, 23 pelamar yang dinyatakan lolos seleksi administrasi awal itu akan mengikuti tes tertulis pada Sabtu (24/9) ini. Setelah itu, lanjutnya, pelamar yang dinyatakan lolos akan mengikuti tes berikutnya, termasuk memresentasikan visi dan misi mereka mengembangkan PDAM Kota Solo ke depan. Pihaknya menargetkan calon-calon direktur tersebut sudah siap sebelum masa jabatan direksi PDAM lama berakhir 1 November mendatang.

Dalam penjaringan pejabat-pejabat Direksi PDAM tersebut, Pemkot Solo melibatkan tim ahli dari kalangan akademisi dari Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo dan Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS).(JIBI/SOLOPOS/sry)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya