SOLOPOS.COM - Sejumlah pesepak bola Timnas U-20 berlatih di Lapangan A Senayan, Jakarta, Jumat (3/2/2023). Timnas U-20 mulai menjalani pemusatan latihan jelang kejuaraan Piala Asia 2023 di Uzbekistan. ANTARA FOTO/Wahyu Putro A/tom.

Solopos.com, JAKARTA—Presiden Joko Widodo (Jokowi) tidak muluk-muluk menargetkan tim U-20 Indonesia di Piala Dunia U-20 2023. Jokowi hanya meminta tim arahan Shin Tae-yong bermain maksimal di kandang sendiri.

“Bapak Presiden mengharapkan anak-anak [timnas Indonesia] main secara maksimal. Beliau [presiden] tidak menargetkan muluk-muluk. Presiden tahu [kualitas] tim yang berlaga nanti,” ujar Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali dikutip dari siaran pers di Jakarta, Senin (6/2/2023), dilansir Antara.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Menpora sendiri optimistis tim U-20 Indonesia dapat tampil maksimal di Piala Dunia U-20 pada Mei 2023. Menurut Menpora, tim asuhan pelatih Shin Tae-yong (STY) diharapkan lolos dari fase grup dan tidak berhenti di babak penyisihan.

Ekspedisi Mudik 2024

Menpora menilai skuat Garuda Muda mengalami peningkatan di bawah komando pelatih STY. Selain itu masih ada tambahan pemain naturalisasi.

“Semoga dengan kehadiran pemain naturalisasi dapat membantu Timnas Indonesia, meningkatkan kualitas. Mereka [pemain naturalisasi] dalam proses di Kemenkumham, saya sudah koordinasi. Semoga proses itu cepat ya,” ujar dia.

Sementara itu, pengundian (drawing) grup Piala Dunia U-20 2023 akan digelar pada 1 April 2023.

Piala Dunia U-20 2023 diikuti oleh 24 negara, termasuk tuan rumah Indonesia, yang akan dibagi ke dalam enam grup. Turnamen ini digelar pada 20 Mei-11 Juni 2023.

Namun, baru 12 negara yang dipastikan bersaing di kompetisi tersebut yakni Indonesia, Republik Dominika, Guatemala, Honduras, Amerika Serikat, Fiji, Selandia Baru, Inggris, Prancis, Israel, Italia dan Slovakia.

Tim-tim lain yang berasal dari benua Asia, Afrika dan Amerika Selatan baru akan ditetapkan usai fase kualifikasi yang digelar pada rentang Februari-Maret 2023. Kualifikasi ini berupa turnamen U-20 di benua-benua tersebut.

Piala Amerika Selatan U-20 berlangsung pada Februari 2023, lalu Piala Asia U-20 dan Piala Afrika U-20 dilaksanakan pada Maret 2023. Para semifinalis dari kejuaraan-kejuaraan itu akan mengunci tempat di Piala Dunia U-20 2023.

Pertandingan-pertandingan Piala Dunia U-20 2023 akan bergulir di Stadion Utama Gelora Bung Karno (Jakarta), Stadion Si Jalak Harupat (Bandung), Stadion Manahan (Solo), Stadion Gelora Bung Tomo (Surabaya), Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring (Palembang) dan Stadion Kapten I Wayan Dipta (Gianyar, Bali).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya