SOLOPOS.COM - BRImo menghadirkan berbagai Layanan digital banking yang dapat dinikmati oleh seluruh lapisan masyarakat. (Istimewa).

Solopos.com, SOLO — Pengamat ekonomi Universitas Sebelas Maret (UNS), Bhimo Rizky Samudro menyebut perbankan di Tanah Air yang memiliki kerja sama eksklusif dengan sejumlah event bergengsi bukan hanya untuk menambah nasabah baru, melainkan juga membangun brand image. 

Selain brand image, perbankan disebut juga bertujuan memperkenalkan ragam transaksi nontunai yang kini gencar dipasarkan.

Promosi Layanan Internet Starlink Elon Musk Kantongi Izin Beroperasi, Ini Kata Telkom

“Sebenarnya bukan hal baru, adanya bank yang bekerja sama dengan event seperti BCA dengan Coldplay, laga Timnas Indonesia atau Garuda Travel Fair dengan BRI itu sebenarnya bukan hanya untuk mencari nasabah baru. Tapi juga memperkenalkan produk transaksi nontunai mereka seperti tap cash atau sebagainya, yang paling utama itu brand image,” terangnya kepada Solopos.com, Minggu (4/6/2023).

Brand image tersebut, menurut Bhimo, adalah modal untuk bisa menarik investor di bursa saham. Ia menyebut, dampak terbesar dari kerja sama bank dengan event adalah untuk menaikkan harga saham per lembar mereka di lantai bursa.

“Ini menjadi langkah efektif dari bank untuk bergerak di lantai bursa, apalagi orang kemudian menjadi lebih familiar dengan bank setelah bekerjasama dengan event tersebut. Bisa dilihat pergerakan harga saham per lembar perbankan cinderung naik ketika ada kerja sama dengan acara kelas internasional,” ulasnya.

Meski demikian, Bhimo menyebut ada risiko yang besar dengan adanya strategi kerja sama bank dengan event tersebut. Bhimo menjelaskan, apabila event tersebut terjadi kendala atau masalah yang besar, bisa dipastikan brand image dari bank tersebut juga terpengaruh.

“Bisa dilihat ketika BRI bekerja sama dengan Liga 1 yang merupakan kasta tertinggi sepakbola nasional. Ketika ada tragedi Kanjuruhan, dampak yang dirasakan oleh BRI juga cukup besar. Bahkan bisa dilihat juga saham BRI ketika kejadian tersebut turun, ini adaalah salah satu risiko tersebut,” ucapnya.

Sebelumnya, salah satu marketing BRI Cabang Slamet Riyadi, Ibnu Mustofa, adanya pertandingan Indonesia melawan Argentina memang menjadi momentum untuk mendapatkan nasabah baru BRI.

“Kalau open ticketing dari 5 Juni itu khusus untuk nasabah BRI, dapat dijadikan juga momen untuk mendapatkan new nasabah dan new user BRIMO. Tapi pembelian tiketnya tetap melalui Tiket.com dan PSSI.org,” ucapnya kepada Solopos.com, Rabu (31/5/2023).

Tak Dapat Keuntungan

Sebelumnya, dilansir dari Bisnis.com, PT Bank Central Asia Tbk. (BCA) sebagai partner konser Coldplay mengatakan mereka tak mendapat keuntungan secara financial sebagai sponsor.

Salah satu keuntungan yang mereka dapatkan hanya bertambahnya nasabah.

“Laris manis promotor yang untung, BCA cuma numpang lewat in payment,” ujar Direktur PT Bank Central Asia Tbk. (BCA) Jahja Setiaatmadja dalam pesan singkat kepada Bisnis, Rabu (17/5/2023).

Dia pun membagikan keterangan resmi mengenai mekanisme penjualan tiket yang dikutip dari website coldplayinjakarta.com.

“Penjualan tiket Coldplay – Music of the Spheres World Tour Jakarta, merupakan hak tunggal penyelenggara [TEM Presents & PK Entertainment] yang hanya dapat dilakukan melalui website resmi coldplayinjakarta.com mulai tanggal 17 Mei 2023 pukul 10.00 WIB. BCA sebagai Official Bank Sponsor tidak melayani penjualan tiket, melainkan hanya memfasilitasi pembayaran pembelian tiket secara online dengan metode pembayaran Kartu Kredit BCA [Visa, Mastercard, AMEX, JCB], Debit BCA Mastercard dan Virtual Account BCA melalui myBCA, BCA mobile, KlikBCA dan ATM BCA,” kata Jahja.

Dalam kesempatan itu, Jahja menyampaikan bahwa keuntungan yang diperoleh BCA berupa penambahan jumlah nasabah yang membuka rekening. Namun, menurutnya, nasabah yang membuka rekening hanya puluhan ribu saja.

“Nasabah yang buka rekening puluhan ribu,” ujarnya. Saat ditanya mengenai keuntungan lain yang didapatkan dari transaksi pembayaran, Jahja menyebutkan tidak ada. “Enggak dapat komisi malah kita bayar biaya sponsor,” tambahnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya