Tak Main-Main! Anak Muda Punya Peran Besar Tentukan Arah Presidensi G20

Kesempatan memperkuat perannya dalam Presidensi G20 kian besar karena penduduk Indonesia didominasi usia produktif.

 Menko Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto (Istimewa)

SOLOPOS.COM - Menko Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto (Istimewa)

Solopos.com, JAKARTA — Mengusung tema “Recover Together, Recover Stronger”, Presidensi G20 Indonesia secara resmi mulai berjalan 1 Desember 2021 hingga 12 bulan ke depan.

Ini merupakan momentum bagi Indonesia untuk dapat meningkatkan diplomasi perekonomian melalui pembentukan arsitektur perekonomian dan kesehatan global pascapandemi Covid-19.

PromosiJalan dr Radjiman, Poros Merapi, Saksi Boyongan Keraton Kartasura

Indonesia juga berkesempatan untuk memperkuat sektor-sektor perekonomian kunci melalui berbagai negosiasi di bawah Presidensi G20 yang meliputi perdagangan, investasi, ketenagakerjaan, pertanian, kesehatan, pendidikan, sumber daya manusia dan SDGs.

Kesempatan memperkuat perannya dalam Presidensi G20 ini menjadi semakin besar karena didorong juga dengan kondisi Indonesia yang saat ini memiliki piramida penduduk yang didominasi oleh usia produktif yaitu pada rentang usia 20-40 tahun, terbanyak di usia 30-an tahun.

Baca Juga: Perubahan Iklim Ancam Kehidupan, Begini Upaya Strategis RI Mengatasinya

“Oleh karena itu, dalam Presidensi G20 Indonesia, peran kaum muda tidak bisa dikesampingkan. Melalui Youth20 [Y20], pemuda dan pemudi memiliki andil besar dalam menentukan arah kebijakan dan manfaat dari recovery itu sendiri,” kata Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto dalam acara puncak Kompetisi Pemuda Nasional bertajuk Pemuda dan Presidensi G20 Indonesia yang diselenggarakan oleh Universitas Indonesia secara virtual pada Minggu (28/11/2021).

Pada kesempatan tersebut, Menko Airlangga juga menjelaskan tentang beberapa isu penting yang perlu menjadi fokus kaum muda secara nasional dan global, yaitu ketenagakerjaan, transformasi digital, lingkungan, khususnya terkait transisi dari ekonomi tradisional menjadi ekonomi sirkular, serta keberagaman dan inklusivitas.

Pemuda perlu membangun kewirausahaan sosial untuk menjadi salah satu solusi bagi tantangan sosial ekonomi yang ada saat ini. Kemudian, dalam transformasi digital, khususnya tata kelola digital dan financial digital literacy, kaum muda memiliki peran penting dalam membangun inovasi untuk mengatasi kesenjangan digital di masyarakat.

Baca Juga: Mobil Listrik Hyundai Jadi Transportasi Resmi Presidensi G20 Indonesia

“Inklusi keuangan hanya bisa tercapai apabila masyarakat, terutama para pemuda dan pemudi melek teknologi. Program riil yang dibangun oleh pemuda, seperti sejumlah digital platform untuk peer to peer dan e-payment, bisa menjadi solusi bagi tantangan pengembangan digital literacy dan digital governance yang menjadi fokus pemerintah,” kata Airlangga.

Dalam isu lingkungan, terutama terkait transisi dari ekonomi tradisional menjadi ekonomi sirkular, kaum muda memiliki peluang untuk memberikan pengaruh perubahan perilaku guna memandu jaringan yang lebih besar menuju gaya hidup yang tidak melebihi batas kemampuan support dari bumi.

Indonesia juga berkomitmen untuk mengelola sumber daya kelautan secara berkelanjutan. Untuk mencapai cita-cita tersebut, kaum muda diharapkan mampu berkontribusi dalam mendesain ulang pasar, meningkatkan teknologi, memperkuat tata kelola yang inklusif, dan memobilisasi kekuatan data.

Baca Juga: Presidensi G20 Indonesia 2022 Dapat Dukungan dari Berbagai Negara

Airlangga menambahkan langkah sederhana lainnya yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan perubahan dalam menggunakan transportasi ramah lingkungan serta mengelola sampah secara baik.

“Kaum muda cenderung memiliki semangat juang dan pribadi yang tangguh. Mereka mampu menjadi role model dan agen perubahan di dalam masyarakat. Untuk menjamin resilience kaum muda, Pemerintah menyediakan jaring pengaman sosial dan kewirausahaan sosial yang akan menjadi enabler ketangguhan bagi para pemuda dan pemudi,” tegas Airlangga.

Selanjutnya, di tengah keberagaman Indonesia, Ketua Umum Partai Golkar ini berpesan kaum muda sebagai aktor penggerak pembangunan yang merata dan berkelanjutan harus terus menggaungkan toleransi dan inklusivitas.

Baca Juga: Insinyur Indonesia Diharapkan Mampu Dorong Tumbuhnya Riset dan Inovasi

Hal ini tentu juga harus didorong dengan pendidikan yang juga memiliki peranan penting dalam mendorong inklusivitas tersebut.

“Pemuda memiliki peran dalam ekonomi kreatif. Untuk itu, yang perlu diperhatikan saat ini bukan hanya persaingan lokal dan global, tetapi juga semangat kebersamaan. Pendekatan kerja sama perlu didorong dan diutamakan dalam mendorong semangat untuk maju dan menang bersama,” pungkas Airlangga.

Berita Terkait

Berita Lainnya

Espos Plus

Riset Belanda Ungkap Tiga dari 10 Situs Jawa Kuno di Boyolali Hilang

+ PLUS Riset Belanda Ungkap Tiga dari 10 Situs Jawa Kuno di Boyolali Hilang

Masa Jawa Kuno meninggalkan sejumlah peradaban di Kota Susu Boyolali, di mana berdasarkan hasil riset yang dilakukan oleh mahasiswa Universitas Leiden Belanda dalam riset disertasinya pada 2009, mengungkap tiga dari 10 situs dinyatakan hilang.

Berita Terkini

Ribuan Anak Muda Jadi Pegawai BUMN, Ini Pesan Erick Thohir ke Mereka

Menteri BUMN Erick Thohir juga memastikan perekrutan 2.700 pegawai BUMN dilakukan secara profesional dan transparan.

Dua Tahun Tak Dapat THR, Pegawai Dunkin' Donuts Lapor Kemenaker

Serikat Pekerja PT Dunkindo Lestari (SP Kintari) meminta perhatian dari Menaker Ida Fauziyah untuk menindak tegas pihak Dunkin’ Donuts yang dua tahun tidak membayarkan THR.

Petani Sawit Demo, Ekonom Sebut Anomali dalam Pelarangan Ekspor CPO

Aksi yang dilakukan oleh para petani dinilai menjadi peringatan bagi pemerintah agar mempercepat pelaksanaan kebijakan pelarangan ekspor CPO dan meninjau kebijakan tersebut.

Olah Sampah Plastik, Program Bersih Indonesia Buka 3.000 Lapangan Kerja

Program Bersih Indonesia yang diluncurkan pemerintah bersama organisasi nirlaba global The Alliance to End Plastic Waste akan membuka ribuan lapangan kerja baru.

BUMN Bersama Swasta Distribusikan Minyak Goreng di 10.000 Lokasi

Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan BUMN bersama swasta mendapat penugasan untuk mendistribusikan minyak goreng ke 10.000 lokasi.

Pelonggaran Prokes, Ini Aturan Terbaru Perjalanan dengan Pesawat

Bandara kelolaan AP II menerapkan Surat Edaran (SE) Kemenhub Nomor 56/2022 dan Nomor 58/2022 seiring pelonggaran protokol kesehatan oleh pemerintah.

Lion Parcel Catat Peningkatan Volume Pengiriman hingga 30%

Peningkatan volume pengiriman hingga 30% itu melebihi target yang ditetapkan semula oleh Lion Parcel.

APTRI: Produksi Gula Petani Mampu Penuhi Kebutuhan Dalam Negeri

APTRI menyebut produksi gula petani mampu memenuhi kebutuhan gula nasional pada 2022.

ALI Sebut Biaya Logistik Indonesia Masih Mahal, Ini Penyebabnya

Tantangan utama dari logistik Indonesia adalah aspek geografis atau kewilayahan di mana terdapat lebih dari 17.000 pulau dan setiap produk atau barang yang dikirimkan harus melalui tahapan yang panjang.

Rp4,28 Triliun Mengalir ke Soloraya Lewat KUR, Ini Dampaknya bagi Solo

Penyaluran KUR di wilayah Soloraya hingga 11 Mei 2022 adalah sebesar Rp4,28 triliun atau 18% dari total penyaluran KUR di Provinsi Jawa Tengah.

Bank BCA (BBCA) Beri Pinjaman Rp100 Miliar ke Bank Oke (DNAR)

BCA memberikan pinjaman Rp100 miliar untuk Bank Oke (DNAR)

Ada KUR Fintech Festival di Solo Technopark, Ini Deretan Agendanya

Rangkaian acara dalam kegiatan KUR Fintech Festival ini seperti penandatangan akad KUR secara massal kepada sekitar 1.000 debitur sampai workshop untuk UMKM.

Hingga April 2022, Bank Mandiri (BMRI) Salurkan KUR Rp14,41 Triliun

Bank Mandiri telah menyalurkan KUR senilai Rp14,41 triliun dari plafon Rp40 triliun pada 2022.

Mantap!, IHSG Ditutup 6.793,41, Saham GOTO Melejit

Saham GOTO melejit 24 persen di perdagangan hari ini, Rabu (18/5/2022)

Potensi Investasi Elon Musk di Indonesia, Semikonduktur hingga Satelit

Presiden Joko Widodo atau Jokowi baru-baru ini bertemu langsung dengan Elon Musk di Amerika Serikat untuk mendiskusikan potensi kerja sama, di antaranya mengenai investasi hingga teknologi.

Keren! BRI Jadi Perusahaan Publik Terbesar di Indonesia Versi Forbes

BRI yang dinobatkan menjadi perusahaan publik terbesar di Indonesia dalam pemeringkatan Forbes 2022 Global 2000 World’s Largest Public Companies in Indonesia.