SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, SOLO — Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Solo mengumumkan perubahan jadwal pengumuman kelulusan siswa jenjang sekolah menengah pertama (SMP) dan sederajat.

Pengumuman kelulusan SMP yang tadinya dijadwalkan Selasa (28/5/2019) diundur menjadi Rabu (29/5/2019). Kepala Bidang SMP Disdik Kota Solo, Bambang Wahyono, mengakui ada perubahan terkait jadwal pengumuman hasil Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) SMP sesuai surat edaran dari Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Senin [27/5/2019] Disdik Solo akan mengirimkan tim untuk mengambil nilai Ujian Nasional [UN] SMP dari Semarang. Selasa [28/5/2019], nilai UN langsung diserahkan ke sekolah untuk kemudian diolah dengan komponen nilai lainnya. Sekolah melakukan rapat pleno untuk menentukan kelulusan siswa. Pada Rabu [29/5/2019] kelulusan diumumkan sore hari sekitar pukul 16.00 WIB,” ujarnya melalui sambungan telepon, Senin.

Karena nilai UN tidak menjadi syarat utama kelulusan, Bambang mengatakan berapa pun nilai siswa asal sudah menyelesaikan proses pembelajaran bisa dipastikan lulus. Hal itu karena salah satu syarat kelulusan adalah mengikuti UN, berapa pun nilainya.

“Namun jika yang bersangkutan tidak mengikuti UN berarti tidak menyelesaikan proses pembelajaran sehingga tidak lulus,” ujarnya.

Bambang mengatakan pengumuman kelulusan akan dihadiri siswa dan orang tua/wali untuk menerima langsung hasil UN anak didik di sekolah. “Orang tua/wali siswa diminta datang ke sekolah untuk mendampingi langsung anak menerima hasil UN-nya. Saya berharap pascapengumuman, para lulusan SMP tidak melakukan aksi konvoi dan coret-coret.

“Mending bajunya yang masih bagus disumbangkan, jangan dicoret-coret. Lalu setelah lulus persiapan mendaftar sekolah baik SMA/SMK,” ujarnya.

Kepala SMP Muhammadiyah 8 Solo, Rusmanto, membenarkan mundurnya pengumuman kelulusan siswa jenjang SMP/MTs. ”Semula dijadwalkan pada Selasa [28/5/2019] untuk pengambilan pengumuman hasil UNBK. Tetapi akhirnya diundur menjadi Rabu [29/5/2019] sore hari,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya