SOLOPOS.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi). (JIBI/Solopos/Antara/R. Rekotomo)

Presiden Jokowi meminta keanggota Indonesia di 233 organisasi internasional dievaluasi.

Solopos.com, JAKARTA — Keanggotaan Indonesia dalam 233 organisasi internasional akan dievaluasi. Saat membuka rapat terbatas, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan jumlah keikutsertaan Indonesia dalam organisasi internasional tersebut cukup banyak.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Hal itu sesuai dengan amanah dalam pembukaan konstitusi bahwa Indonesia ikut serta melaksanakan ketertiban dunia berdasarkan kemerdekaan perdamaian abadi dan keadilan sosial. Namun, Presiden menekankan bahwa keanggotaan Indonesia di organisasi-organisasi internasional harus didasarkan pada kemanfaatan bagi kepentingan nasional bangsa.

“Untuk itu saya minta dilakukan evaluasi sejauh mana keanggotaan kita di 233 organisasi internasional tersebut memberi manfaat yang nyata atau tidak kepada kepentingan nasional,” katanya, di Kantor Presiden, Kamis (22/12/2016).

Jokowi mengatakan jangan sampai keikutsertaan dalam organisasi internasional hanya untuk formalitas, namun tidak ada kontribusi yang positif bagi negara maupun dunia.

“Saya juga tidak ingin keanggotaan kita di organisasi internasional hanya ikut-ikutan hanya mengekor, hanya membebek. kita harus berpegang teguh pada haluan politik luar negeri kita yang bebas dan aktif,” kata Jokowi.

Salah satu konsekuensi keikutsertaan dalam organisasi internasional adalah perihal kontribusi pendanaan. “Artinya kita harus mempertimbangkan kemampuan dan efektivitas penggunaan uang negara yang kita pakai untuk organisasi-organisasi itu. Jangan sampai apa yang sudah kita berikan ke sana menjadi sia-sia karena tidak memberikan manfaat yang signifikan bagi bangsa,” jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya