SOLOPOS.COM - Ratusan orang pesert mengikuti tes tertulis dalam seleksi calon PPK yang digelar KPU Sragen di Gedung Sasana Manggala Sukowati Sragen, Kamis (30/1/2020). (Istimewa)

Solopos.com, SRAGEN — Sebanyak 29 orang dari 462 peserta tidak hadir dalam tes tertulis seleksi calon Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) di Gedung Sasana Langen Putra Sragen, Kamis (30/1/2020).

Tes tertulis dimulai pukul 13. 30 WIB dan selesai 14.30 WIB. Setiap peserta hanya mengerjakan 50 soal secara manual dengan duduk di kursi. Soal tes tertulis itu dihimpun dari 250 soal yang dibuat lima komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sragen sesuai divisi masing-masing.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Ketua KPU Sragen Minarso saat dihubungi Solopos.com, Kamis (30/1/2020) sore, mengatakan awalnya setiap komisioner KPU membuat 50 soal sehingga terkumpul 250 soal.

Anak Di Penjara, Ayu Azhari: Dia Enggak Terlalu Rewel

Ratusan soal tersebut, jelasnya, diserahkan kepada Sekretariat KPU Sragen untuk dipadatkan menjadi 50 soal. Dia mengatakan 50 soal hasil dari Sekretariat KPU itulah yang dipakai untuk tes tertulis bagi peserta.

Minarso mengatakan sebenarnya jumlah pendaftar calon PPK sebanyak 472 orang tetapi sebanyak 10 orang di antaranya tidak lolos seleksi administrasi.

"Sehingga yang berhak ikut tes tertulis sebanyak 462 orang. Hingga pelaksanaan tes tertulis hari ini ternyata hanya 433 orang yang hadir sedangkan 29 orang lainnya absen tanpa keterangan. Artinya 29 orang ini dianggap mengundurkan diri," ujar Minarso.

Kemenparekraf Dibully Gara-Gara Foto Candi Borobudur

Ia menjelaskan hasil tes terulis akan diumumkan pada Senin-Rabu (3-5/2/2020). Dari pengumuman itu, ujar Minarso, KPU akan me-ranking dan hanya ranking 10 besar yang diambil untuk mengikuti tahapan seleksi berikutnya, yakni tes wawancara.

"Pengambilam 10 besar itu bisa jadi jumlah pesertanya tidak 10 orang per kecamatan karena bisa jadi ada peserta yang nilainya sama dan masuk dalam 10 besar itu. Mereka juga kami beri hak juga untuk tes wawancara. Jadi peserta tes wawancara bisa lebih dari 200 peserta. Tes wawancara akan dilaksanakan pada 8-10 Februari mendatang," katanya.

Video Viral Solksjaer Semprot Lingard Saat MU Kalahkan City

KPU Sragen membutuhkan 100 orang calon PPK yang nantinya membantu KPU dalam pelaksanaan pemilihan kepala daerah (pilkada) 2020 di tingkat kecamatan masing-masing.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya