SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Belajar sebenarnya bisa dilakukan dimana saja. Namun, sebagian orang percaya, suasana belajar juga punya pengaruh besar dalam keberhasilan belajar. Setiap orang beda selera, ada yang merasa nyaman belajar di ruang khusus, ada yang suka belajar di tempat tidur, di ruang makan bahkan di kuburan. “Saya dulu sering belajar di kuburan karena sepi, tidak ada gangguan,” aku Hadi, 56, warga Karangasem, sambil terkekeh.

Nah, sekarang ada pilihan tempat belajar baru yang seru, di coffee shop seperti yang ditawarkan de Tree Fine Coffees and Teas yang berlokasi di Jl Dr Rajiman 470 Laweyan. Memberikan fungsi baru pada tempat makan, bukan hanya untuk rapat, sebab mulai pekan depan, pengunjung de Tree tak hanya bisa menikmati berbagai sajian kopi dan teh, lebih dari itu mereka juga bisa belajar grapic design yang dipandu khusus oleh delapan pengajar.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Ide menggelar les privat graphic design sebenarnya ide lama, sebelumnya sebagian pengajar yang tergabung dalam komunitas desain komunikasi dan visual sudah aktif melakukan les privat dari rumah ke rumah. Lama kelamaan, muncul ide untuk menggelar les privat di coffee shop. Selain suasananya nyaman, para siswa juga bisa bertukar pikiran dengan pengajar yang kerap datang kemari,” ujar Mujianto, event and IT development de Tree yang juga penggagas les
privat di coffee shop ini.

Ekspedisi Mudik 2024

Anda mungkin bingung membayangkan sebuah coffee shop yang dirancang menjadi tempat les privat. Apa mungkin di beberapa sudut kedai akan dipasang beberapa perangkat komputer khusus yang diatur berjejer untuk keperluan les? O, rupanya tidak. Mujianto mengatakan kegiatan ini tak akan mempengaruhi dekorasi kedai yang sudah sangat nyaman itu.

“Les dilakukan dengan laptop di meja-meja saji seperti biasa. Kedai kopi ini kan sudah dilengkapi dengan hotspot, lagipula dalam satu kelas hanya akan ada maksimal dua siswa, jadi tentu tak akan mengganggu pengunjung de Tree yang lain,” jelas dia.

Oleh: Esmasari Widyaningtyas, Fetty Permatasari

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya