Tak Hanya Powerpoint, 9 Program Aplikasi Ini Juga Oke untuk Presentasi
Ilustrasi presentasi (Wowvectors.com)

Solopos.com, SOLO--Mayoritas orang menggunakan Powerpoint untuk presentasi tugas sekolah hingga materi rapat kantor. Bahkan sebagian orang banyak yang tahu aplikasi untuk presentasi hanyalah powerpoint. Padahal, masih banyak pilihan aplikasi presentasi lain hlo.

Membuat presentasi menjadi hal umum bagi seorang pelajar, mahasiswa, pekerja kantoran hingga para pengusaha. Menyajikan informasi melalui slide presentasi akan mempermudah seseorang saat menyampaikan ide atau gagasan.

Untuk menyajikan informasi yang jelas, tak hanya lewat tulisan tapi juga dapat menyajikan presentasi yang visualnya juga menarik. Salah satu keberhasilan dari presentasi bisa ditentukan dari konten yang dibuat atau disampaikan.

Di zaman serba canggih dan cepat ini, tentunya Anda akan membutuhkan program aplikasi presentasi gratis dan mudah diakses secara online. Salah satu aplikasi yang sering jadi rujukan adalah Powerpoint. Padahal ada beberapa program aplikasi lain yang meenyajikan fitur yang tidak kalah dengan Powerpoint.

Dilansir dari Liputan6.com dan  berbagai sumber berikut 9 aplikasi selain Powerpoint yang bisa membuat presentasi tak monoton dan menarik.

Solopos Institute Luncurkan Program Literasi Keberagaman Untuk Sekolah

1. Google slides

Google slides merupakan salah satu aplikasi presentasi yang juga tidak kalah populer. Aplikasi ini memiliki beberapa fitur yang sudah umum di Powerpoint.

Kelebihannya bisa diakses melalui smartphone dengan gratis asalkan memiliki akun google. Google slides ini cocok digunakan untuk presentasi kelompok karena bisa diedit secara bersama-sama menggunakan internet.

Selain itu Google Slides juga dapat diakses melalui Android dan iOS dengan mengunduhnya di Play Store atau App Store. Anda dapat menyimpan hasil presentasi Anda dalam format ppt juga.

2. Zoho show

Software ini bisa diakses melalui Internet. Jadi kompatibel diberbagai perangkat. Fitur tidak jauh berbeda dengan powerpoint. Kelebihan dari zoho show sendiri tidak dipungut biaya sepeserpun. Selain itu untuk kecepatan akses presentasi ketika dishare, tidak memakan banyak waktu untuk membuka presentasi.

3.Slidebean

Aplikasi ini memiliki template bawaan yang keren serta bisa anda gunakan sesuai kebutuhan. Jangan khawatir slidebean ini punya banyak fitur dan juga tersambung dengan unsplash dan giphy sehingga anda tidak perlu mencari gambar dan gif dari luar.

4.Prezi

Merupakan software presentasi yang memungkinkan pengguna untuk memperbesar atau memperkecil tampilan pada media presentasi.

Aplikasi ini dapat membantu anda menciptakan gaya dan model yang lebih variatif ke dalam presentasi yang anda buat. Prezi menggunakan konsep Pathway Points ketimbang Slide untuk memberikan daya tarik visual yang sinematis dari setiap presentasi.

Prezi merupakan alternatif Powerpoint yang sudah populer di kalangan para presentator. Prezi dapat digunakan secara online maupun offline. Anda dapat mendownload aplikasi ini di prezi.com. Prezi cocok untuk presentasi mahasiswa, pengusaha, atau pembicara.

Prezi dirancang untuk menghadirkan presentasi jarak jauh yang halus dan beresolusi tinggi di semua perangkat, di mana pun. Anda dapat menggunakan aplikasi ini secara offline dengan menggunakan aplikasi desktop yang dapat diunduh dan diinstall pada perangkat Anda.

Namun aplikasi ini merupakan aplikasi berbayar, yang memungkinkan Anda untuk membayar agar dapat menikmati akses sepenuhnya.

Setelah 11 Tahun , MAMA 2020 Digelar Di Korea Selatan Lagi

5.Keynote

Keynote merupakan aplikasi presentasi yang dikembangkan sebagai bagian dari rangkaian produk iWork keluaran Apple Inc. Fitur aplikasi ini Kurang lebih sama dengan powerpoint. Namun, keynote ini hanya dapat digunakan diperangkat apple.

Mengedepankan kemudahan, elegan dan halus saat digunakan. mempunyai berbagai macam tema yang memungkinkan kamu untuk menjaga konsistensi warna dan font di dalam presentasi, termasuk untuk grafik dan tabel. Serta aplikasi ini menyediakan transisi slide 3D berbasis OpenGL yang keren dan menambah nilai penting dalam presentasi kamu.

6.Libreoffice impress

Fitur yang terdapat pada aplikasi ini hampir mirip dengan powerpoint. File yang tersimpan dalam open document format. LiberOffice juga kompatibel dengan paket aplikasi perkantoran lainnya seperti microsoft office. Fitur aplikasi ini mempresentasikan dengan tampilan lebih dari satu monitor.

7.Canva

Canva adalah sebuah program desain online. Canva memungkinkan Anda untuk membuat desain poster, brosur, infografis, presentasi dan berbagai desain visual lainnya. Canva menyediakan banyak template presentasi dengan berbagai pilihan grafis dan ratusan font yang dapat dipilih.

Untuk menggunakannya, Anda dapat langsung mengunjungi situsnya di canva.com dan mulai membuat slide presentasi yang diinginkan. Anda dapat menggunakan program ini secara gratis atau secara premium untuk mendapatkan akses eksklusif lainnya.

8.Visme

Sama seperti Canva, Visme merupakan situs pengolah grafis termasuk pula konten untuk presentasi. Tujuan Visme adalah untuk memudahkan Anda menerjemahkan ide menjadi konten yang menarikpresentasi, infografis, laporan, dan banyak lagi.

Visme dilengkapi dengan kemampuan mengedit grafis secara online dan ratusan template untuk membantu Anda membuat presentasi hanya dalam hitungan menit. Anda dapat mengubah font, latar belakang, warna, gambar dan Anda dapat mempublikasikan hasil Anda di web, offline, atau bahkan menyimpan sebagai PDF.

9.SlideDog

SlideDog adalah alat presentasi untuk siapa saja yang menginginkan alternatif Power Point yang modern, namun mudah. Dengan SlideDog, Anda dapat menggabungkan semua jenis format media seperti gambar, video, PDF, situs web, dan bahkan file PowerPoint atau Prezi sekalipun.

Jika Anda biasanya kesulitan ketika memindahkan slide yang berisi video dan harus memutarnya di luar aplikasi presentasi, maka dengan SlideDog kesulitan tersebut dapat teratasi.



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya




Kolom