SOLOPOS.COM - Manahati Lestusen (Liputan6)

Sejumlah atlet Indonesia mengikuti seleksi untuk menjadi TNI.

Solopos.com, BANDUNG – Sejumlah atlet Indonesia berbondong-bondong ikut seleksi masuk Tentara Nasional Indonesia (TNI). Seperti diketahui sebelumnya, sebanyak tujuh pemain mantan punggawa Timnas Sepak Bola Indonesia U-23 telah lolos masuk TNI.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Mereka mengikuti Sekolah Calon Bintara (Secaba) Rindam III Siliwangi. Sebanyak 95 orang terjaring di Scaba dan sebagian dari mereka adalah atlet. Sepak bola sendiri menyetor 17 nama dan tujuh di antaranya adalah eks Timnas U-23.

“Sisanya dari cabang olahraga lain. Ada atletik, bola voli, bulutangkis, dayung, bela diri seperti judo, dan juga atlet berkuda. Di luar cabang olahraga ada juga yang ahli IT, pemprograman,” ujar Wakil Komandan Rindam III Siliwangi, Letkol Inf Nurwahyu Widodo, seperti dilansir Detik.com, Rabu (9/9/2015).

Nurwahyu menambahkan mereka akan digembleng selama lima bulan. Pendidikan dimulai tanggal 17 September 2015 mendatang dan kemudian mereka akan menjadi bintara. “Saat ini belum dimulai, masih menunggu yang lulus seleksi dari umum. Nanti mereka digabung,” jelasnya

Menurut Nurwahyu, para siswa calon bintara ini tidak diperbolehkan keluar barak selama empat bulan. Satu bulan terakhir, setiap libur hari Minggu, baru diperbolehkan keluar. Namun khusus siswa unggulan dari cabang olahraga, Wakil Komandan Secaba Rindam III Siliwangi, Bihbul Mayor Inf Safei, mengatakan mereka diperbolehkan keluar dan latihan tiga kali sepekan.

Sehingga, meski mengikuti pendidikan tentara, mereka tetap bisa menjaga keterampilannya sebagai atlet. “Untuk yang atlet sepak bola ya latihan sepak bola. Kami ada pelatihnya dari TNI. Untuk cabang olahraga lainnya juga sama, seperti bulu tangkis dan lainnya. Kalau di TNI tidak ada [pelatih untuk cabang lain], para siswa itu nanti dititipkan ke pelatih di luar TNI,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya