SOLOPOS.COM - Ilustrasi antikorupsi (JIBI/Solopos/Antara/Dok.)

Harianjogja.com, JOGJA- Tidak hanya para pejabat yang bisa melakukan tindakan korupsi, tetapi warga negara biasa juga bisa melakukannya. Karena itu, perlu perbaikan moral melalui pendidikan karakter.

Hal itu diungkapkan oleh mahasiswa Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) yang sedang melakukan penelitian berjudul “Pembelajaran Bermakna melalui Soal Cerita Antikorupsi sebagai Pengaplikasian Pendidikan Karakter pada Materi Persamaan Linier Satu Variabel Kelas VIII di SMP Negeri 1 Jogja”.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Mahasiswa yang melakukan penelitian terdiri Gamarina Isti Ratnasari, Dita Nur Syarafina dan Dianing Meijayanti.

Gamarina mengatakan, jika dilihat dalam kehidupan sehari-hari sebenarnya tidak hanya para pejabat yang melakukan tindakan korupsi. Sadar atau tidak sadar sebagai seorang warga negara biasa, mungkin juga pernah melakukan tindakan korupsi seperti “menembak” pembuatan KTP dan SIM, dan mencontek saat ujian.

Menurut dia, instansi pendidikan, lembaga sosial, dan masyarakat menggencarkan perbaikan moral melalui pendidikan karakter. Banyak ahli yang berpendapat bahwa pendidikan karakter merupakan cara yang ampuh, cepat, dan tepat untuk memperbaiki karakter moral sejak dini.

“Berdasarkan hal itu kami menggunakan soal cerita antikorupsi sebagai media menanamkan pendidikan karakter yang akan berimplikasi pada pencegahan korupsi di Indonesia,” katanya, Sabtu (5/10/2013).

Pembelajaran bermakna melalui soal cerita antikorupsi sebagai pengaplikasian pendidikan karakter pada materi kelas VIII di SMP Negeri 1 Jogja membuat siswa semakin mudah dalam memahami materi persamaan linier satu variabel dan dapat dijadikan media pendidikan karakter dalam menanamkan jiwa antikorupsi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya