SOLOPOS.COM - Pengunjung berfoto di kebun bunga matahari Taman Dewari, Dusun Kradenan Kalikuning Desa Baturono Salam Kabupaten Magelang. (Nina Atmasari/JIBI/Harian Jogja)

Solopos,com, SOLO – Bunga matahari seringkali jadi dijadikan bunga penghias taman. Bunga yang berasal dari Amerika Utara ini, memiliki ciri khas dengan bentuk bunga menyerupai matahari dan warna kuning cerah.

Terdapat lebih dari 50 spesies bunga matahari. Namun, hanya sebagian jenis yang dapat menghasilkan biji dan sisanya hanya bisa diambil minyaknya atau menjadi tanaman hias.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Bunga bernama latin Helianthus Annuus tersebut, tak hanya di kenal sebagai bunga yang cantik. Ternyata, bunga matahari memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Bunga matahari bahkan bisa jadi sumber vitamin E dan mineral yang dibutuhkan tubuh. Berikut 7 manfaat bunga matahari yang dikutip dari detik.com, Selasa (1/9/2020).

Waduh! Pj. Sekda Sukoharjo Terkonfirmasi Positif Covid-19

1.Meredakan peradangan

Bunga matahari mengandung flavonoid dan senyawa lain yang mampu meredakan peradangan. Senyawa yang terkandung dalam bunga matahari salah satunya adalah ?-sitosterol. Fungsi ?-sitosterol adalah menjaga kelembaban pada area luka sehingga memungkinkan pertumbuhan sel dan membatasi jumlah prostasiklin agar mempercepat fase inflamasi. Sedangkan, flavonoid berfungsi membatasi jumlah radikal bebas yang mampu mencegah kerusakan jaringan lebih lanjut.

2.Menurunkan tekanan darah

Tekanan darah tinggi dapat menyebabkan serangan jantung dan stroke. Senyawa dalam biji bunga matahari mencegah enzim yang menyebabkan pembuluh darah mengerut. Sehingga, biji bunga matahari dapat membantu pembuluh darah rileks dan menurunkan tekanan darah. Magnesium dalam biji bunga matahari juga membantu mengurangi tingkat tekanan darah.

Selain itu, biji bunga matahari kaya asam lemak tak jenuh, terutama asam linoleat, yang digunakan tubuh untuk membuat senyawa seperti hormon yang melemaskan pembuluh darah dan meningkatkan tekanan darah. Asam lemak ini juga membantu menurunkan kolesterol.

3. Mencegah diabetes

Mengonsumsi 30 gram biji bunga matahari setiap hari sebagai bagian dari diet sehat dapat mengurangi gula darah sekitar 10% dalam enam bulan. Selain itu, menambahkan biji bunga matahari ke makanan seperti roti dapat membantu mengurangi efek karbohidrat pada gula darah, memperlambat waktu pengosongan perut dan memungkinkan pelepasan gula dari karbohidrat secara bertahap.

4. Kaya Omega 6

Bunga matahahari kaya akan omega 6. Di setiap 1 sendok makan-nya, mengandung setidaknya 8,9 gram asam linoleat, yang merupakan enam asam lemak tak jenuh ganda (omega 6). Menurut Linus Pauling Institute, lemak jenis ini merupakan bagian penting dari diet yang sehat.

Resmi! Pendaftaran Cabup-Cawabup Sragen Diperpanjang 3 Hari

5. Bermanfaat untuk Diet

Bagian biji pada bunga matahari dapat dikonsumsi sebagai santapan diet. Kandungan protein nabati dan serat yang terdapat pada bunga matahari, mampu mengontrol rasa lapar dan membuat mudah kenyang dibanding mengonsumsi hidangan yang mengandung karbohidrat atau lemak. Minyak biji bunga matahari juga dapat dikonsumsi sebagai campuran salad.

6. Untuk kecantikan

Biji bunga matahari dapat menghasilkan minyak, yang digunakan untuk perawatan wajah, rambut dan kulit. Vitamin A, C, D, E, dan asam lemak esensial yang terkandung dalam minyak biji bunga matahari memberikan lapisan pelindung, dan mencegah kulit terhubung dengan bakteri. Minyak ini, juga bisa dijadikan obat yang efektif terhadap jerawat dengan dioleskan secara langsung pada kulit.

7. Untuk Minuman

Bunga matahari dapat digunakan sebagai minuman herbal dengan cara kelopak bunganya direbus atau dicampur dengan teh. minuman ini dapat meringankan sakit kepala, radang payudara dan sebagainya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya