Tak Diundang ke Hari Santri karena Bukan Santri, Ini Respons Menteri Agama
Mantan Wakil Panglima TNI Jenderal TNI (Purn) Fachrul Razi tiba di Kompleks Istana Kepresidenan di Jakarta, Selasa (22/10/2019). (Antara-Puspa Perwitasari)

Solopos.com, SURABAYA -- Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Timur memastikan tidak akan mengundang Menteri Agama (Menag) Jenderal (Purn) Fachrul Razi dalam acara puncak Hari Santri Nasional (HSN) 2019 di Surabaya. Alasannya, mereka hanya mengundang tokoh berlatar belakang santri.

Dilansir detik.com, Wakil Ketua Tanfidziyah PWNU Jatim, KH Abdusalam Sokhib mengatakan pihaknya memang sengaja tidak mengundang Menag Fachrul Razi. Sebab, pihaknya hanya khusus mengundang sejumlah pejabat forkopimda Jatim dan para tokoh yang mempunyai latar belakang santri saja pada Minggu (27/10/2019) mendatang di Surabaya.

"Acara ini sudah lama kita rancang. Dan yang kita undang dari Forkopimda dari Jawa Timur dan Pemkot Surabaya serta tokoh-tokoh santri yang berperan di berbagai bidang di legislatif atau eksekutif. Karena kan ini acaranya hari santri. Walaupun ini sebenarnya kita persembahkan untuk masyarakat umum juga," kata Kiai Abdusalam, Jumat (25/10/2019).

Saat ditanya apakah pada peringatan HSN tahun lalu pihaknya mengundang menteri agama? Abdusalam menyebut mengundang. Karena memang menteri agama sebelumnya Lukman Hakim Syaifuddin mempunyai latar belakang santri.

"Kemarin istigasah akbar puncak acaranya kayaknya Pak Menag Lukman hadir. Karena ya wajar dari kalangan santri," tutur Abdusalam.

PBNU Kecewa, Fachrul Razi akan Temui Kiai dan Pemuka Agama

Menanggapi hal itu, Fachrul enggan berkomentar lebih lanjut. "Ah enggak-enggak. Nggak usah ngomong-ngomong gitu. Itu bahasa-bahasa jebakan," ujar Fachrul di Kantor Kemenag, Jl Lapangan Banteng Barat, Jakarta, Jumat (25/10/2019).

Meski begitu, Fachrul mengaku akan hadir jika ia diundang dalam acara peringatan HSN 2019 di Surabaya. "Saya belum lihat undangannya. Kalau undangan-undangan saya bisa saya hadiri, pasti saya hadiri," ujar Fachrul.

Dikutip Detik.com dari CNNIndonesia.com, PWNU Jatim tak mengundang Fachrul dalam acara Santri Culture Night Carnival (SCNC). Wakil Ketua Tanfidziyah PWNU Jatim, KH Abdusalam Sokhib, selaku penyelenggara menyebut pihaknya tidak mengetahui apakah Fachrul berlatar belakang santri atau tidak. Selain itu, Fachrul disebut bukan kader NU sehingga PWNU Jatim tidak mengundangnya.

Polemik Menag, Ridwan Hanif: Kurang Tinggi Apa NU di Kabinet Jokowi?

"Untuk [mengundang] Menteri Agama, saya belum pernah tahu beliau pakai sarung, jadi karena nanti khawatir enggak sampai undangannya, jadi belum dulu," kata Abdusalam, di Surabaya, Kamis (24/10/2019).


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya



Kolom

Langganan Konten

Pasang Baliho