SOLOPOS.COM - Puluhan pengemudi becak motor (betor) menggelar aksi di halaman DPRD DIY, Jl. Malioboro, Jogja, Selasa (28/1). Mereka terus mendesak untuk dilegalkan betor serta mengkritisi surat edaran Gubernur DIY tentang larangan beroperasinya becak motor dan surat dari kepolisian tentang hal yang sama. (Harian Jogja/Gigih M. Hanafi)

Harianjogja.com, JOGJA-Pemilik becak motor atau betor yang tergabung dalam Organisasi Becak Motor Yogyakarta (OBMY) mengancam akan mengerahkan massa lebih banyak lagi jika tuntutan mereka soal kepastian legalitas betor tak ditanggapi.

Untuk saat ini, anggota becak motor berjumlah kurang lebih 600 orang, yang tersebar di seluruh wilayah DIY.
“Kami di sini hanya membantu untuk menyampaikan aspirasi mereka. Apalagi mereka banyak mengeluh ke kami, jika teman-teman mereka sering ditilang. Apalagi kita juga sudah melakukan audiensi sampai delapan kali tapi belum ada hasilnya,” kata Staf Pembela Umum LBH Jogja Emanuel Bogay, saat melakukan pendampingan dalam demo OBMY di Gedung DPRD DIY, Selasa (28/1).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Menurut dia, pemerintah harus memberikan kejelasan terkait masalah ini. Apalagi ini menyangkut hak mereka untuk hidup dan mencari pangan. “Tidak bisa dibiarkan begitu saja, dan mereka harus mengambil kebijakan yang sebisa mungkin tidak merugikan rakyat kecil,” kata Edo, sapaan akrabnya.

Ekspedisi Mudik 2024

Setelah melakukan orasi sekitar dua jam, akhirnya beberapa perwakilan dari OBMY diterima Wakil Ketua DPRD DIY Sukedi. “Kami sih menyambut baik dan akan berusaha memfasilitasi tuntutan mereka ini,” kata Sukedi, ketika ditemui kemarin.

Hanya, kata dia, untuk saat ini sesuai keputusan dari Biro Bantuan Hukum DIY tetap melarang kendaraan itu untuk tetap beroperasi. Namun, dia menegaskan jika keputusan itu bukanlah harga mati, karena pihaknya berjanji untuk mengagendakan pertemuan antar pimpinan daerah untuk membahas maslah ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya