Tutup Iklan
Ilustrasi pria berjenggot. (freepik)

Solopos.com, JAKARTA -- Kaum Adam seringkali mengalami dilema saat harus mengambil keputusan untuk menumbuhkan jenggot atau tidak. Dari sisi penampilan, menumbuhkan jenggot/janggut sudah ketinggalan zaman, karena banyak pria lebih memilih tampilan bersih juga rapi.

Tapi menumbuhkan janggut bagi laki-laki ternyata memiliki manfaat dari sisi https://lifestyle.solopos.com/read/20190815/485/1012250/usia-40-tahun-lebih-sebaiknya-periksa-kesehatan-jantung" title="Usia 40 Tahun Lebih Sebaiknya Periksa Kesehatan Jantung">kesehatan, berikut khasiatnya yang dirangkum Bisnis/JIBI dari Star:

1. Menjaga kelembapan kulit

Folikel rambut yang sering kita sebut sebagai bulu janggut menghasilkan minyak yang dapat mencegah kerusakan pada kulit seperti contohnya kulit terkelupas. Menumbuhkan janggut juga memiliki efek ganda yakni menjaga kulit Anda https://espospedia.solopos.com/read/20190813/487/1011672/kenali-perbedaan-strok-serangan-jantung" title="Kenali Perbedaan Strok & Serangan Jantung">tetap terlihat sehat, terlepas dari cuaca suhu udara di lingkungan.

2. Menghindari bakteri infeksi

Pori-pori Anda mendapatkan proteksi alami dari adanya bulu di daerah dagu, yang jika dicukur lama kelamaan akan meninggalkan berbagai macam bakteri di sekitarnya. Dengan menumbuhkan janggut, Anda akan memiliki lapisan antibakteri yang membantu mencegah penyakit dan inflamasi pada kulit.

3. Membantu mengurangi https://lifestyle.solopos.com/read/20190812/485/1011682/makan-torpedo-kambing-tingkatkan-gairah-bercinta-mitos-atau-fakta" title="Makan Torpedo Kambing Tingkatkan Gairah Bercinta, Mitos atau Fakta?">penyakit pada gusi

Dibantu dengan perawatan kumis yang baik, menumbuhkan janggut bisa mengurangi penyakit gusi yang disebabkan oleh bakteri yang masuk ke dalam mulut. Menumbuhkan janggut dapat menambah lapisan perlindungan terhadap gusi yang tidak dimiliki orang yang tidak menumbuhkan janggut.

4. Membantu penderita asma dan alergi

Dikombinasikan dengan kumis dengan tatanan yang baik, janggut akan bermanfaat bagi Anda penderita asma dan alergi. Bulu-bulu tersebut bertugas menghalau debu, polutan, dan jamur untuk masuk ke dalam mulut dan lubang hidung Anda.

5. Mencegah penuaan dini

Penelitian di Yale University menyebut memelihara janggut juga dapat membuat kulit menjadi lebih hangat di musim dingin. Karena eratnya hubungan antara suhu udara rendah dengan kondisi kulit yang cepat mengerut dan menyebabkan https://espospedia.solopos.com/read/20190825/487/1014128/setelah-kenyang-lalu-ngantuk-ini-penyebabnya" title="Setelah Kenyang lalu Ngantuk, Ini Penyebabnya">penuaan dini, maka memelihara janggut adalah salah satu solusi menghindarinya.

6. Menangkal dampak buruk sinar matahari

Menumbuhkan janggut menurut penelitian sama berkhasiatnya dengan mengaplikasikan sunscreen pada kulit. Memiliki janggut dapat menghindarkan Anda dari timbulnya garis atau bintik pada kulit akibat sinar matahari yang lama-kelamaan bisa menyebabkan kanker kulit.

7. Mencegah jerawat

Memelihara janggut ternyata dapat membantu mencegah jerawat pada pria. Meski tidak dapat terlihat langsung, namun besar kemungkinan kulit Anda akan semakin halus jika dilindungi oleh bulu janggut. Berbeda dengan pria yang rajin mencukur daerah dagunya, kemungkinan akan meninggalkan bakteri dan kotoran.

Tulis Komentar Anda

Berita Terkait

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten