Tak Direstui Sang Kakak, Adik Ipar Jokowi Mundur dari Pilkada Gunungkidul
Ipar Presiden Joko Widodo, Wahyu Purwanto (tengah), dan Kepala Disdikpora Gunung Kidul Bahron Rosyid (kiri). (Antara)

Solopos.com, GUNUNGKIDUL - Adik ipar Presiden Joko Widodo (Jokowi), Wahyu Purwanto, akhirnya mengundurkan diri sebagai calon bupati Kabupaten Gunungkidul yang diusung Partai NasDem. Wahyu mundur dari Pilkada Gunungkidul setelah mendapat arahan dari Jokowi dan Ketua Umum Nasdem, Surya Paloh.

"Jadi memang sesuai arahan dari Bapak Jokowi maupun dari Bapak Surya Paloh, saya diminta untuk lebih fokus kepada kegiatan sosial di Gunungkidul," kata Wahyu saat dihubungi, Selasa (28/7/2020). "Dan ini tidak ada hubungannya dengan dinasti dan sebagainya," lanjutnya.

Wahyu mundur dari kontestasi Pilkada Gunungkidul pada Minggu (26/7/2020). Menurutnya, arahan tersebut telah melalui berbagai pertimbangan dan dia mematuhinya.

Wow, Tiga Robot Ikut “Diwisuda” di Undip Semarang

"Karena beliau berdua ini kan tokoh yang sudah berpengalaman, punya wawasan luas. Tentunya kalau beliau mengarahkan seperti itu pasti melihatnya sudah jauh ke depan," ujarnya.

"Oleh sebab itu saya sebagai orang yang masih belum berpengalaman tentu saja mematuhi arahan dari kedua beliau tersebut. Itu sebabnya kegiatan yang sudah setahun mengarah ke pilkada saya belokkan ke arah [kegiatan] sosial," imbuh Wahyu.

Setelah resmi mundur, adik ipar Jokowi itu berencana melanjutkan kegiatan sosialnya di Gunungkidul. Dia berencana mengembangkan sektor pertanian.

BLT DD Diperpanjang, Baru 50 Desa di Karanganyar Kumpulkan Perkades Daftar KPM

"Ke depan tentu saya akan lebih fokus kepada kegiatan sosial yang saya arahkan untuk memberdayakan potensi yang ada di Gunungkidul. Contoh, misal di Gunungkidul kan tanahnya luas dan untuk pertanian bagus tapi sulit air maka saya mau fokus mengebor air tanah," katanya.

 

Faktor Saudara

Diberitakan sebelumnya, Partai NasDem berencana mencalonkan Wahyu Purwanto di Pilkada Gunungkidul. Presiden Jokowi lalu meminta Ketum NasDem, Surya Paloh, agar partainya tidak mencalonkan adik iparnya tersebut.

"Dapat saya konfirmasi 'betul' ada pembicaraan antara Pak Jokowi dan Pak Surya Paloh sebagai Ketum Nasdem yang akhirnya menetapkan tidak melanjutkan pencalonan Pak WP dalam Pilkada Gunungkidul," ungkap Sekjen NasDem, Johnny G. Plate, saat dimintai konfirmasi, Selasa (28/7).

Penjelasan BMKG Semarang Terkait Embun Upas di Dieng

Menurut Johnny, ada banyak alasan mengapa Jokowi meminta agar NasDem tak mencalonkan iparnya. Salah satunya karena Wahyu merupakan saudara dari Jokowi. Johnny menyebut NasDem mengamini permintaan Jokowi dan memastikan tak jadi mengusung Wahyu Purwanto.

"Ada banyak alasannya termasuk mempertimbangkan faktor kekerabatan, dan terhadap pertimbangan Pak Jokowi tersebut NasDem menghormatinya dan tidak melanjutkan pencalonan Pak WP seperti disebutkan di atas," sebut Menkominfo itu.

Sumber: Detikcom



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya






Kolom